Pasar Global Menantikan Negosiasi Perdagangan AS-China

0
59

(Vibizmedai -Economy & Business) Harapan positif negosiasi perdagangan AS-China memberika dukungan bagi bursa saham berjangka AS dan juga bursa saham di Eropa pada awal minggu yang bisa menjadi penting bagi prospek perdagangan global. Sedangkan Dolar AS menguat untuk hari kedelapan.

Kontrak pada S&P 500 membalikkan penurunan sebelumnya dan Indeks Stoxx 600 Eropa naik karena investor melihat ke depan untuk pembicaraan perdagangan tingkat tinggi minggu ini antara Wakil Perdana Menteri China Liu He, Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan Perwakilan Perdagangan Robert Lighthizer di Beijing.

Bursa saham juga menguat di China karena bursa dibuka kembali setelah liburan. Musim penghasilan berlanjut dengan emiten-emiten seperti Michelin melaporkan hari ini, dan Nissan dan Cisco akhir pekan ini. Perdagangan di seluruh Asia beragam. Pasar sekuritas Jepang ditutup untuk liburan, dan yen melemah.

Pound tetap lebih rendah setelah ekonomi Inggris secara tak terduga menyusut pada bulan Desember.

Ketegangan perdagangan meningkat seiring investor mengevaluasi prospek kesepakatan AS-China sebelum tenggat waktu 1 Maret untuk tarif yang lebih tinggi, karena peringatan meningkat bahwa perselisihan membatasi ekspansi ekonomi global dan mengurangi keuntungan perusahaan. Washington juga dalam fokus, dengan pemerintah AS berpotensi menuju penutupan lagi karena ketegangan politik muncul lagi antara Kongres dan presiden.

Di tempat lain, minyak berjangka WTI tergelincir menuju $ 52 per barel, sementara emas menuju penurunan pertama dalam tiga sesi. Franc Swiss melemah hampir 1 persen pada awal perdagangan Asia, Senin.

Berikut adalah beberapa berita penting yang akan muncul:

Musim penghasilan berlanjut dengan laporan dari perusahaan termasuk Michelin, Nissan, Cisco, Vivendi, Nvidia, Nestle, Coca-Cola dan Credit Suisse.

Riksbank Swedia diperkirakan akan mempertahankan suku bunga pada minus 0,25 persen pada hari Rabu setelah kenaikan pertama dalam lebih dari tujuh tahun pada bulan Desember.

Data Rabu diperkirakan menunjukkan harga konsumen AS naik 0,1 persen pada Januari, setelah turun 0,1 persen pada Desember.

Jika tidak ada kesepakatan dicapai di tembok perbatasan AS-Meksiko, bagian dari pemerintah federal AS mungkin akan ditutup lagi akhir pekan ini ketika dana pemerintah sementara berakhir.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here