Pangkas Waktu Menjadi 30 Menit, Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo Sepanjang 31,3 KM Siap Beroperasi

0
210
Ilustrasi Jalan Tol. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia-Nasional) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) menyatakan Jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) sepanjang 31,3 kilometer telah siap beroperasi.

Penetapan ini, pasca melewati uji laik fungsi jalan, yang sebelumnya secara fungsional digunakan untuk kelancaran arus mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan ruas tol tidak harus diresmikan sebelum dioperasikan, termasuk untuk ruas tol Paspro. Tidak harus menunggu diresmikan. Pengoperasian tol bisa dilakukan sehingga bisa segera digunakan masyarakat, ungkap Basuki di Gedung Negara Grahadi, Surabaya,Jumat (8/2).

Dengan beroperasionalnya jalan tol Pasuruan ke Probolinggo ini, dapat memangkas waktu dari sebelumnya 2,5 jam menjadi 30 menit, sehingga dapat membuka peluang bangkitnya potensi di daerah yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal.

Disamping itu, Direktur Utama PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol, Dwi Pratikno mengatakan pembangunan Tol Paspro dimulai dari seksi I Grati Pasuruan – Tongas, Seksi II Tongas – Probolinggo Barat dan Seksi III Probolinggo Barat – Probolinggo Timur, dengan panjang keseluruhan adalah 31,3 kilometer yang total investasinya senilai Rp 4,6 triliun, pembangunannya relatif cukup lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here