Pasar Global Tertekan Kekuatiran Perlambatan Ekonomi dan Perang Dagang

0
98

(Vibizmedia – Economy & Business) Pasar saham berjangka AS turun bersama dengan saham di Eropa dan Asia karena kekhawatiran terhadap pertumbuhan ekonomi dan perselisihan perdagangan mendorong pasar saham global menuju kerugian mingguan pertama mereka sejak Desember. Treasury naik lebih tinggi dengan emas.

Kontrak pada S&P 500, Dow dan Nasdaq Composite semuanya menurun, dengan Hasbro jatuh di pra-pasar setelah labanya meleset dari perkiraan analis terendah dan Amazon merayap lebih rendah karena perseteruan semakin intensif antara CEO dan Presiden Donald Trump.

Indeks Stoxx 600 Eropa turun dan saham di sebagian besar Asia turun setelah berita bahwa Trump tidak mungkin bertemu dengan Presiden Cina Xi Jinping sebelum batas waktu 1 Maret untuk tarif yang lebih tinggi. Ketakutan baru atas tindakan proteksionis juga membantu mendorong ekuitas pasar berkembang lebih rendah. Pasar Tiongkok tetap tutup untuk Tahun Baru Imlek.

Beberapa jam setelah Komisi Eropa memangkas perkiraan untuk ekonomi utama kawasan Eropa pada Kamis, Bank of England mengatakan Inggris mungkin tumbuh pada laju paling lambat dalam satu dekade. Reserve Bank of Australia juga menurunkan perkiraan pertumbuhan dan inflasi hari Jumat.

Di tempat lain, minyak mentah WTI stabil di bawah $ 53 per barel di New York. Bijih besi berjangka mencapai $ 90 per ton untuk mencapai level tertinggi sejak 2014 di tengah kekhawatiran bahwa krisis yang semakin parah di produsen utama Vale SA akan mengurangi pasokan global.

Indeks Dunia MSCI dari negara-negara maju turun 0,3 persen ke level terendah dalam lebih dari seminggu.

Indeks Dollar Bloomberg naik kurang dari 0,05 persen dengan kenaikan ketujuh beruntun.
Euro jatuh kurang dari 0,05 persen menjadi $ 1,1337. Yen Jepang naik kurang dari 0,05 persen ke level terkuat dalam seminggu.

Imbal hasil pada obligasi 10-tahun turun dua basis poin menjadi 2,64 persen.
Imbal hasil 10-tahun Jerman turun satu basis poin menjadi 0,11 persen.
Imbal hasil 10-tahun Italia naik kurang dari satu basis poin menjadi 2,952 persen.
Komoditas

Emas naik 0,2 persen menjadi $ 1,312,33 per ons.

Minyak mentah West Texas Intermediate turun 0,4 persen menjadi $ 52,42 per barel.

Nikel LME turun 1,5 persen menjadi $ 12.790 per metrik ton.
Tembaga LME turun 0,3 persen menjadi $ 6.230,00 per metrik ton.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here