Harapan Positif Negosiasi Dagang AS-China

0
102

(Vibizmedia – Economy & Business) Pasar global juga terus memantau perkembangan pembahasan perdagangan antara AS dan china. Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan pada hari Rabu bahwa ia dan pejabat AS lainnya akan melakukan perjalanan ke Beijing minggu depan untuk pembicaraan perdagangan, yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan guna mencegah kenaikan 2 Maret dalam tarif AS untuk barang-barang Tiongkok.

Mnuchin mengatakan dalam sebuah wawancara dengan CNBC bahwa pembicaraan dia dan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer memimpin di Washington pekan lalu dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He sangat produktif.

“Kami berkomitmen untuk melanjutkan pembicaraan ini, ”kata Mnuchin seperti yang dilansir Reuters. “Kami berupaya keras untuk mencapai tenggat waktu ini dan mendapatkan kesepakatan. Jadi itulah tujuan kami. “

Presiden Donald Trump mengatakan dalam pidatonya di State of the Union pada hari Selasa bahwa setiap kesepakatan perdagangan baru dengan China “harus mencakup perubahan struktural yang nyata untuk mengakhiri praktik perdagangan yang tidak adil, mengurangi defisit perdagangan kronis kita dan melindungi pekerjaan Amerika.”

Trump telah berjanji untuk meningkatkan tarif AS pada impor Cina senilai $ 200 miliar menjadi 25 persen dari 10 persen saat ini jika kedua belah pihak tidak dapat mencapai kesepakatan pada pukul 12:01 pagi (0501 GMT) pada 2 Maret.

Kedua belah pihak tetap berjauhan dalam menyikapi tuntutan A.S. agar Cina melakukan perubahan struktural yang dalam terhadap kebijakan perdagangan dan ekonominya dan mengecilkan defisit perdagangan barang A.S. Departemen Perdagangan pada hari Rabu melaporkan defisit perdagangan barang A.S. dengan China mencapai $ 382 miliar selama 11 bulan pertama tahun 2018, melampaui kesenjangan $ 375 miliar selama semua 2017, meskipun defisit menyempit untuk bulan November dari Oktober.

Para negosiator Trump menginginkan Beijing untuk lebih keras menegakkan hak kekayaan intelektual Amerika, menghentikan peretasan cyber rahasia dagang, mengekang subsidi industri dan mengakhiri kebijakan yang memaksa perusahaan-perusahaan AS untuk menyerahkan teknologi kepada pesaing China.

Bagian penting dari setiap kesepakatan, kata mereka, akan menjadi mekanisme untuk memverifikasi dan menegakkan tindak lanjut China atas komitmen yang dibuatnya.

“Kami juga sangat fokus pada perdagangan bebas dan adil bagi perusahaan-perusahaan AS untuk memiliki akses di sana dan untuk memiliki medan bermain yang lebih adil yang akan menurunkan defisit perdagangan,” kata Mnuchin, meskipun ia mengatakan masih banyak yang harus dilakukan untuk mencapai sebuah perjanjian.

Lighthizer mengadakan briefing tertutup dengan senator AS pada hari Rabu tentang pembicaraan China mendatang dan usulan perjanjian perdagangan baru antara Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada.

China, yang membeli sekitar 60 persen dari tanaman kedelai AS 2017, menghentikan pembelian pasokan AS selama perang perdagangan antara kedua negara.

Wakil Perdana Menteri China Liu He, selama pembicaraan pekan lalu dengan Trump, menjanjikan pembelian kedelai Cina lebih lanjut. Sejak itu, Beijing telah membeli 2,6 juta ton produk. Sebelum perang dagang, AS menjual lebih dari 30 juta ton kedelai ke China setiap tahun.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here