Pasar Global Terus Mencari Sentimen Pendukung

0
75

(Vibizmedia – Economy & Business) Bursa saham berjangka AS dan bursa saham Eropa berjuang mencari arah naik pada hari Rabu di tengah beragam laporan dari perusahaan kapital besar dan setelah penurunan pesanan pabrik Jerman menambah tanda-tanda bahwa ekonomi kawasan Eropa kehilangan momentum. Dolar AS memperpanjang kenaikannya karena Treasury AS beringsut lebih tinggi.

Bursa berjangka S&P 500 dan Dow Jones melayang lebih rendah, sementara Nasdaq menguat. Indeks Stoxx 600 Eropa naik lebih tinggi, menuju kenaikan hari ketujuh karena saham teknologi menguat karena beberapa laporan perusahaan yang optimis. Pembuat mobil berada di antara yang tertinggal setelah nada berhati-hati Daimler AG menyalakan kembali kekhawatiran tentang perdagangan global.

Pasar saham Asia masih sepi dengan liburan Tahun Baru Imlek berlanjut. Dolar Australia jatuh setelah kepala bank sentral mengisyaratkan perubahan sikap netral terhadap kebijakan. Bijih besi menguat menuju $ 90 per metrik ton setelah Vale SA Brasil menyatakan force majeure pada beberapa kontrak, meningkatkan prospek defisit komoditas tahun ini.

Petunjuk lebih lanjut tentang apa sentimen yang perlu dicermati tahun 2019 mungkin datang pada hari Rabu dari komentar publik pertama Ketua Jerome Powell setelah pertemuan Januari dan keputusan suku bunga.

Ada juga pertemuan di Beijing minggu depan antara Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan rekan-rekan China mereka. Dan dalam pidato kenegaraannya, Trump mengatakan dia akan bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Vietnam pada akhir bulan ini.

Sementara itu, minyak West Texas bertahan di bawah $ 54 per barel setelah sebuah laporan industri menunjukkan kenaikan dalam persediaan minyak mentah AS.

Di antara peristiwa penting dalam beberapa hari mendatang:

AS melaporkan data neraca perdagangan untuk bulan November.

Pasar ditutup di China, Hong Kong, Korea, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan juga di Selandia Baru.

Musim penghasilan berlanjut, dengan laporan dari Twitter, MetLife, dan Societe Generale.

Bank-bank sentral di India dan Inggris menetapkan suku bunga minggu ini.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here