Harga Emas LLG di Eropa Tergoda Pidato Presiden Trump

0
88

Harga emas perdagangan sesi Eropa hari Rabu (06/02) berusaha bergerak naik setelah tertekan sejak awal sesi Asia oleh penguatan dolar AS. Harga emas terangkat kutipan pidato Presiden AS Donald Trump dihadapan Kongres AS dalam State of Union terkait dengan perselisihan dagang dengan China.

Harga emas spot atau LLG terpantau berada di posisi $1313,95 atau menguat tipis sekitar 0,03 persen dari akhir perdagangan sebelumnya. Demikian juga dengan harga emas berjangka Amerika untuk kontrak April 2019 sedang naik tipis juga ke posisi $1319.05.

Usaha positif pergerakan harga emas mendapat hambatan besar dari penguatan dolar AS terhadap banyak rival utamanya pasca penguatan data-data ekonomi makro sejak akhir pekan lalu.

Dalam pidatonya Presiden Trump menuduh China mencuri pekerjaan dan kekayaan Amerika. Dia kemudian menyebut negara naga itu untuk mengakhiri praktik perdagangan yang tidak adil, memotong defisit perdagangan dan melindungi pekerjaan AS. Kutipan pidato ini memberikan kekhawatiran yang baru untuk penyelesaian perang dagang AS-China.

Harga emas pada perdagangan hari sebelumnya yaitu di hari Selasa (05/02) ditutup bullish setelah 2 hari berturut sebelumnya anjlok oleh penguatan dolar AS. Emas tetap menguat meskipun dolar menguat mendapat sentimen pernyataan seorang pejabat Fed Robert Kaplan.

Presiden Federal Reserve Dallas Robert Kaplan mengatakan  bahwa The Fed harus meninggalkan kenaikan suku bunga di mana mereka berada sampai prospek ekonomi AS lebih jelas, sebuah proses yang dalam pandangannya bisa memakan waktu beberapa bulan lagi.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here