Perdagangan Saham di Asia dan Eropa Lumayan Untung Rayakan Imlek

0
39

Perdagangan saham global di bursa kawasan Asia dan Eropa mayoritas cetak keuntungan sekalipun banyak bursa saham Asia tutup oleh libur Tahun Baru Imlek pada hari Selasa (5/02). Bursa utama Asia yang buka hanya bursa saham Jepang dan Australia sedangkan kawasan Eropa tidak ada bursa yang tutup.

Sebagian besar pasar regional ditutup untuk Tahun Baru Imlek seperti Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Cina, Hong Kong dan Indonesia. Namun di India alami kenaikan dengan indeks Sensex India naik tipis 0,1 persen karena investor melihat ke depan untuk hasil pertemuan kebijakan Reserve Bank of India selama 3 hari.

Di Asia, bursa saham Jepang ditutup pada catatan yang lemah, sementara bursa saham Australia meroket setelah rilis laporan akhir komisi royalti perbankan.  Perdagangan saham Jepang jatuh setelah seorang pejabat Bank of Japan mengatakan yen bisa melonjak menjadi 95 per dolar AS pada paruh pertama tahun ini dan bank sentral kekurangan amunisi.

Indeks Nikkei 225 turun 39,32 poin atau 0,2 persen sementara indeks Topix  ditutup sedikit lebih tinggi pada 1.582,88 dengan tekanan paling kuat datang dari anjlok parahnya saham Panasonic yang turun 2,5 persen setelah laporan laba perusahaan.

Pasar saham melonjak di tengah keuntungan kuat di sektor perbankan karena Reserve Bank of Australia mempertahankan suku bunga resmi pada 1,5 persen dan komisi kerajaan jasa keuangan menahan diri dari merekomendasikan langkah-langkah yang lebih keras terhadap sektor perbankan.

Indeks acuan ASX 200 melonjak 114,70 poin atau 2 persen yang merupakan  kenaikan satu hari terbesar sejak November 2016 dan level penutupan tertinggi sejak Oktober lalu. Pijakan kuat indeks untuk melompat datang dari lonjakan saham empat bank besar hingga  4-7 persen, demikian juga saham perusahaan asuransi Steadfast Group naik 11,5 persen.

Untuk perdagangan saham di bursa saham Eropa dilaporkan  melonjak ke posisi sembilan minggu tertinggi  dengan sentimen positif pelaku pasar dari pantauan  laporan keuangan perusahaan.

Terpantau indeks Stoxx 600 Eropa naik sekitar 0,78 persen, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah positif. Kemudian indeks FTSE Inggris melonjak 1,18 persen. Indeks DAX Jerman naik 1,08 persen. Indeks CAC Perancis naik 0,89 persen.

Pijakan kuat perdagangan saham kawasan Eropa hari ini datang dari kenaikan saham minyak dan gas Eropa lebih dari 1,4 persen di tengah berita laba perusahaan yang mengesankan seperti yang terjadi pada saham BP. nPerusahaan melaporkan laba setahun penuh yang lebih kuat dari yang diperkirakan.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here