Bursa Eropa dan Harga Minyak Naik; Pasar Menantikan Pidato Kenegaraan Trump

0
54

(Vibizmedia – Economy & Business) Ekuitas berjangka AS bergerak lebih tinggi pada hari Selasa terpicu penguatan bursa saham di Eropa setelah pendapatan kuat dari raksasa minyak BP. Sementara itu Euro dan pound keduanya tergelincir.

Kontrak pada indeks S&P 500, Nasdaq dan Dow Jones semuanya menguat sepanjang pagi Eropa setelah awal yang lemah. Indeks Stoxx Eropa 600 menuju kenaikan keenam berturut-turut, bahkan ketika pemasok chip Infineon Technologies dan AMS mengeluarkan peringatan tentang pertumbuhan di masa depan. BP adalah bagian utama dari reli, memacu saham energi karena bergabung dengan rekan-rekan Big Oil dengan pendapatan menguat. Juga membantu adalah PMI kawasan euro, yang direvisi naik. Namun, mata uang umum lebih rendah karena data mengecewakan dari Italia. Sterling jatuh sedikit setelah laporan layanan yang lemah.

Di Asia, banyak pasar tutup untuk liburan Tahun Baru Imlek. Saham Australia melonjak paling tinggi dalam lebih dari dua tahun karena saham keuangan menguat setelah hasil penyelidikan selama setahun tentang kesalahan dalam industri. Ekuitas Jepang mendorong lebih tinggi.

Ketenangan relatif di pasar mengabaikan ketidakpastian pembicaraan perdagangan antara AS dan China. Para investor akan mengawasi pidato kenegaraan kedua Presiden Donald Trump nanti.

Di tempat lain, minyak WTI AS naik karena para pedagang menimbang penurunan produksi dari kelompok produsen OPEC dan mitra-mitranya terhadap ekspektasi untuk kenaikan persediaan minyak mentah A.S. Saham pasar berkembang dan mata uang melayang.

Di antara peristiwa penting dalam beberapa hari mendatang:

Pasar Asia ditutup Selasa: Cina, Hong Kong, Indonesia, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Pakistan.

Musim penghasilan berlanjut, dengan laporan minggu ini dari Twitter, Hasbro, Ryanair, Disney, Philip Morris, BNP Paribas, ING, MetLife, Societe Generale.

Trump akan menyampaikan pidato State of the Union yang tertunda Selasa.

Pada hari Rabu, Ketua Federal Reserve Jerome Powell memberikan komentar publik pertamanya setelah pertemuan FOMC Januari dan keputusan suku bunga.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here