Apa Yang Akan Disampaikan Trump Dalam Pidato Kenegaraan?

0
30

(Vibizmedia – Economy & Business) Pasar global menantikan pidato kenegaraan Presiden AS Donald Trump malam ini. Ada harapan bahwa Trump akan memberikan sinyal positif perdagangan AS dan China. Namun ada juga yang menyatakan Trump akan menyampaikan usulan-usulannya.

Kemungkinan Trump akan berpidato menantang Demokrat untuk menyetujui pendanaan untuk tembok perbatasan yang sudah lama digagas.

Pukul 9 malam (0200 GMT Rabu) sebelum sidang gabungan Kongres, Trump kemungkinan akan menyampaikan pernyataan tentang kebijakan imigrasi, setelah permintaannya untuk $ 5,7 miliar dana pembangunan dinding perbatasan memicu 35 hari penutupan pemerintah bersejarah.

Jutaan orang Amerika Serikat dan juga global diperkirakan akan menyaksikan pidato di televisi, memberikan Trump kesempatan terbesarnya untuk menjelaskan mengapa ia percaya penghalang diperlukan di perbatasan selatan AS dengan Meksiko. Pidato itu ditunda selama seminggu karena penutupan yang berakhir pada 25 Januari.

Trump tidak menunjukkan tanda-tanda bergerak dari penentangannya terhadap permintaan pendanaan dinding perbatasan. Itu telah membuat Trump mempertimbangkan mendeklarasikan keadaan darurat nasional, yang katanya akan membiarkannya mengalokasikan kembali pendanaan dari tempat lain tanpa tindakan kongres.

Tetapi sebuah sumber yang dekat dengan Trump mengatakan presiden tidak diperkirakan untuk mengambil langkah itu, yang kemungkinan akan menarik tantangan hukum yang cepat dari Demokrat. Sebaliknya dia akan mendesak komite kongres untuk melakukan kesepakatan keamanan perbatasan pada 15 Februari.

Pada hari Minggu, Trump tweeted: “Jika tidak ada Dinding, tidak ada Keamanan.” Dia mengatakan dinding, yang dijanjikannya dalam kampanye 2016, diperlukan untuk mencegah imigrasi dan narkoba ilegal.

Beberapa Republikan mendesak Trump untuk tidak mengumumkan keadaan darurat.

Trump juga diperkirakan akan membahas kebijakan luar negeri, termasuk dukungan untuk upaya membujuk Presiden Venezuela Nicolas Maduro untuk meninggalkan kekuasaan, dan mungkin mengumumkan di mana ia akan bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un selanjutnya. Dia juga akan memberikan pembaruan pada pembicaraan perdagangan dengan China.

Trump, Wakil Presiden Mike Pence dan Kepala Staf Penjabat Gedung Putih Mick Mulvaney membahas pidato pada Senin malam dengan sekitar selusin pendukung termasuk mantan pembantu kampanye Corey Lewandowski dan David Bossie, serta Matt Schlapp, ketua Uni Konservatif Amerika, kata seorang sumber yang akrab dengan pertemuan itu.

Sumber itu mengatakan Trump akan membahas penarikan pasukan di Suriah dan Afghanistan, dan bahwa sekitar setengah pidato akan dikhususkan untuk kebijakan luar negeri.

Trump juga akan mengklaim keberhasilan pada kebijakan ekonomi, termasuk memotong peraturan federal, kata sumber itu.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here