Nikkei, Hang Seng dan ASX Jadi Indeks Terkuat Bursa Asia Awal Pekan

0
54

Pasar saham di seluruh wilayah Asia-Pasifik ditutup sebagian besar menguat pada perdagangan awal pekan hari Senin (04/02) oleh sentimen positifnya data service PMI China dibandingkan periode sebelumnya dan juga optimisme penyelesaian perang dagang AS-China. Jelang libur Tahun Baru Imlek, bursa Shanghai dan Korea Selatan libur.

Indeks Hang Seng di bursa saham Hong Kong, yang ditutup lebih awal jelang  libur Tahun Baru Imlek, alami kenaikan 0,21 persen yang ditutup pada 27.990,21.

Di bursa Jepang, indeks Nikkei 225 naik 0,46 persen ditutup pada 20.883,77 sementara indeks Topix naik 1,07 persen  di 1.581,33. Indeks tetap positif sekalipun saham raksasa teknologi Sony ditutup turun 8,07 persen setelah perusahaan memangkas proyeksi penjualan dan pendapatan operasional untuk tahun fiskal.

Demikian juga penguatan indeks terjadi di bursa saham Australia dengan indeks ASX 200  naik 0,48 persen  ditutup pada 5.891,20, dengan sektor yang sebagian besar lebih tinggi di tengah pemberitaan buruk tentang bisnis perbankan negeri tersebut pasca laporan Komisi Kerajaan yang melihat kesalahan dalam  praktik lintas perbankan, asuransi, dan konsultansi keuangan.

Indeks PMI service China turun menjadi 53,6 pada Januari 2019 dari 53,9 pada bulan sebelumnya. Angka terbaru menunjukkan pertumbuhan terlemah di sektor jasa sejak Oktober 2018, terutama dipengaruhi oleh melemahnya permintaan domestik dan meskipun ada tanda-tanda kemajuan dalam negosiasi perdagangan Tiongkok-AS.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here