Harga Emas Dunia Sedang Mahal, Tertinggi 8 Bulan

0
40

Harga emas naik cukup signifikan hingga perdagangan sesi Eropa pada hari Rabu (30/01) hingga mencapai level tertinggi sejak perdagangan bulan Mei 2018. Sentimen positif didukung oleh ketidakpastian atas hubungan perdagangan AS-Cina dan juga ekspektasi kebijakan  Federal Reserve AS yang akan menangguhkan pengetatan kebijakan moneternya.

Harga spot emas terkini naik 0,2 persen pada $1313.17 per troy ounce setelah menyentuh tertinggi sejak 15 Mei di $1314.10 di  sesi Asia. Demikian juga dengan harga emas berjangka AS naik 0,3 persen menjadi $1312,60 per troy ounce.

Perkiraan harga emas untuk jangka pendek akan bergerak lebih tinggi jika kebijakan Federal Reserve   memiliki nada dovish yang akan melemahkan dolar AS sehingga memberikan tenaga kuat emas. Demikian juga terhadap perundingan dagang AS-China, jika tidak adanya kesepakatan  akan menguntungkan emas.

Investor menunggu keputusan kebijakan Federal Reserve di kemudian hari, dengan harapan para pejabat akan memperkuat sikap dovish baru-baru ini karena kebuntuan pada perdagangan global, tanda-tanda perlambatan ekonomi AS, dan memudarnya kepercayaan bisnis dan konsumen.

Selain itu petunjuk rally harga emas, terdapat pada  minat investor pada emas batangan, kepemilikan SPDR Gold Trust, dana yang diperdagangkan di bursa yang didukung emas terbesar di dunia, naik 1 persen menjadi 823,87 ton ke level tertinggi sejak Juni. Kepemilikan emas SPDR telah meningkat 4,6 persen bulan ini, yang terbaik sejak September 2017.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here