Momentum Penggerak Dolar AS Sepanjang Pekan

0
58

Kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi global mendukung pergerakan dolar AS pada perdagangan pekan lalu namun dibatasi oleh  laporan yang menyebutkan The Fed mungkin akan menghentikan program pengurangan neracanya. Untuk perdagangan dolar AS selanjutnya pada pekan ini terdapat momentum yang menunjukkan sentimen negatif diatas.

Selain itu pekan lalu juga dolar AS mendapat tekanan dari berlanjutnya penutupan operasional pemerintah AS lebih dari 1 bulan. Namun akhir pekan lalu diberitakan Presiden Trump mengumumkan kesepakatan mengakhiri penutupan sebagian operasional pemerintah tanpa ada perjanjian anggaran untuk pembangunan tembok batasan.

Dibawah ini terdapat beberapa momentum yang dapat mempengaruhi pergerakan dolar AS khususnya berasal dari Amerika sendiri.

  • Data Kepercayaan Konsumen CB AS, indeks kepercayaan konsumen Conference Board  pada bulan Desember di luar level puncak, tetapi masih mencerminkan suasana optimis di kalangan pembeli Amerika. Pekan ini data tersebut aka dirilis dengan perkiraan data yang lebih rendah dari 128 yang dicapai bulan Desember.
  • Data penggajian tenaga kerja AS oelh ADP, laporan penggajian tenaga kerja perusahaan swasta bulan Desember mengalahkan semua ekspektasi dengan peningkatan 271 ribu pekerjaan dan pada pekan ini akan dirilis dengan perkiraan data yang lebih rendah.
  • Pengumuman kebijakan moneter Fed usai FOMC, pengumuman kebijakan Fed akhir bulan Desember menyatakan Federal Reserve menaikkan suku bunga tetapi menurunkan proyeksi untuk 2019: dua penurunan suku bunga terhadap tiga yang telah diperkirakan. Tidak ada perubahan kebijakan yang diharapkan dalam keputusan suku bunga ini di bulan Januari.
  • Pengumuman data penambahan tenaga kerja AS di bulan Januari dalam indeks Non Farm Payroll  AS, Pasar tenaga kerja AS akhir bulan Desember dilaporkan dengan penambahan 312 ribu pekerjaan yang diperoleh yang melebihi ekspektasi. Namun pekan ini diperkirakan data tersebut akan berkurang.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here