Beli Emas Berjangka di Amerika Sedikit Tertekan

0
136

Pergerakan harga emas kehilangan beberapa nilai pada perdagangan sesi Amerika hari Kamis (17/01) yang sedang berlangsung alami tekanan setelah perdagangan hari sebelumnya cetak rebound. Turunnya harga emas malam ini mendapat tekanan dari penguatan dolar AS yang moderat.

Dalam satu jam terakhir  dolar AS  mampu mencatat kenaikan moderat di belakang 2 rilis data ekonomi makro yang optimis. Klaim pengangguran mingguan dirilis pada posisi 213 ribu pada pekan yang berakhir 11 Januari yang lebih baik dari ekspektasi pasar sebelumnya pada posisi 220 ribu. Selain itu, Survei Manufaktur Fed Philly menunjukkan bahwa aktivitas bisnis di sektor manufaktur kawasan berkembang berada pada kecepatan yang lebih tinggi dari perkiraan dengan indeks Kondisi Bisnis meningkat menjadi 17 pada Januari dari 9,1 pada Desember.

Sementara itu, indeks ekuitas utama di AS yang mampu mengakhiri hari sebelumnya lebih tinggi,  memulai hari berada di wilayah negatif dan kemudian terangkat kembali beberapa indeks. Kondisi perdagangan aset resiko masih kuat baik saham maupun posisi imbal hasil obligasi sehingga menekan harga emas sebagai aset safe haven.

Harga emas spot atau LLG kini berada di posisi 1290.10 atau telah turun 2.09 atau 0,16 persen. Harga awal perdagangan dibuka pada posisi 1293.79 dan sempat mencapai posisi rendah di 1288.60 dan posisi tinggi di 1288.60.

Untuk perdagangan selanjutnya menurut analyst Vibiz Research Center harga emas berpotensi naik kembali melanjutkan bullish hari sebelumnya oleh proyeksi pelemahan dolar AS.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here