Menembus Batas Nusantara demi Indonesia Raya, PUPR Terus Membangun Jalan

0
131

(Vibizmedia-Nasional) Menembus Batas Nusantara demi Indonesia Raya, di perlukan sikap yang Penuh Optimisme, kekayaan negeri kemana…kesejahteraan yang adil dan beradab untuk masyarakat apakah masih dapat dinikmati.

Semua perlu sikap yang besar untuk menghadapi negeri yang dikelilinggi oleh ribuan pulau dimana kekayaan alam tidak pernah habis dan punah.

Salah satunya adalah membanggun jalan-jalan di perbatasan, di desa, di kota dan diseluruh Indonesia. Mengejar ketertinggalan dan meningkatkan daya saing nasional, namun juga menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru yang memberikan nilai tambah bagi daerah.

Salah satu yang sedang dilakukan adalah pembangunan dan pemeliharaan jalan dan jembatan di pulau terdepan Indonesia yakni Pulau Yamdena, Pulau Selaru, dan Pulau Larat di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku.

Selain pembangunan jalan, selesainya pembangunan Jembatan Leta Oar Ralan sebagai penghubung Pulau Yamdena dan Pulau Larat menjadi bagian penting bagi kelancaran konektivitas karena akan memangkas waktu tempuh dan biaya logistik kedua Pulau. Jembatan yang melintasi Laut Arafura Sepanjang 323 meter, lebar 10 meter dengan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sebesar Rp. 123 miliar dan telah diresmikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani didampingi Menteri Basuki pada tanggal 17/1/2019.

Welem Duarko, salah seorang petani yang tinggal di Pulau Larat menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah yang telah meningkatkan akses jalan di daerahnya. “Kebanyakan warga sekitar 80% merupakan petani, sebagian kecil lainnya menjadi nelayan, bertani kopra, sayuran, tanaman umbi umbian. Hasil panen kami jual ke Saumlaki, Ibukota kabupaten di Pulau Yamdena,” kata Welem.

Pulau Yamdena merupakan pulau terbesar sebagai besar domisili masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Untuk mencapai peningkatan kondisi jalan nasional di ketiga pulau tersebut, dalam periode tahun 2016-2018 total anggaran yang dibelanjakan Kementerian PUPR sebesar Rp 417,35 miliar berupa penanganan jalan nasional mulai dari penanganan jalan long segmen, pembangunan jalan, preservasi rekonstruksi dan preservasi rehabilitasi jalan.

Pada tahun 2019, akan dilaksanakan penanganan jalan nasional dengan anggaran sebesar Rp 110,65 miliar yang terbagi menjadi pelaksanaan preservasi rekonstruksi jalan nasional Pulau Larat dan Pulau Selaru sepanjang 10 Km, preservasi rekonstruksi jalan nasional Pulau Yamdena sepanjang 8,80 Km, pelaksanaan rekonstruksi jalan nasional di Pulau Larat – Lamdesar Timur sepanjang 10 Km.

Source : PU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here