Online Single Submission di BKPM Sudah Berjalan, Percepat Investor Dalam Perizinan

0
62

(Vibizmedia-Jakarta) Mulai 2 Januari 2019 yang lalu, pemerintah mengalihkan Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (PBTSE) atau Online Single Submission (OSS) dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian ke BKPM.

Untuk memastikan peralihan tersebut, Presiden meninjau langsung lokasi layanan konsultasi Online Single Submission (OSS) Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Senin (14/1).

Menurutnya, pekerjaan rumah pemerintah adalah memastikan berjalannya sinkronisasi sistem Online Single Submission (OSS) antara pusat dengan daerah.

Sinkronisasi ini bukan hal yang mudah, karena mengintegrasikan 514 kabupaten dan kota serta 34 provinsi yang ada di Tanah Air.

Saat ini, pemerintah masih melakukan perbaikan-perbaikan untuk mengintegrasikan sistem OSS antara pusat dan daerah.

Ketika calon investor akan mendaftar OSS melalui BKPM, investor sudah sekaligus mengurus service level agreement dan apabila izin tersebut tidak dikeluarkan oleh daerah dalam jangka waktu 1 bulan, maka otomatis izin itu akan keluar dengan sendirinya.

Jika integrasi sudah dapat dikelola, maka Presiden berencana memanggil bupati dan walikota untuk kembali mensosialisasikan sistem ini ke daerah.

OSS sendiri adalah sistem perizinan berbasis teknologi informasi yang mengintegrasikan perizinan di daerah dan pusat dalam rangka mempermudah kegiatan usaha di dalam negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here