Dana Desa Sudah Rp.257 Triliun di 2019, Presiden Jokowi Terus Dukung

0
75
Foto: Vibizmedia.com|Rully

(Vibizmedia – Nasional) Sebagaimana disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada berbagai kesempatan, komitmen pemerintah untuk mengembangkan desa melalui Dana Desa akan diteruskan dalam jangka panjang.

Pemerintah telah menggelontorkan Dana Desa Hingga tahun 2019 sebanyak Rp257 triliun ke desa-desa di seluruh Tanah Air, dan 74 ribu desa telah menerima Dana Desa dalam lima tahun terakhir.

Presiden menyampaikan, pada 2015 pemerintah telah memberikan Rp20,7 triliun kepada desa, tahun 2016 naik jadi Rp47 triliun, 2017 jadi Rp60 triliun, 2018 sebanyak Rp60 triliun, dan tahun 2019 ini pemerintah mengalokasikan Rp70 triliun.

“Totalnya sampai tahun 2019 ini kita telah gelontorkan Rp257 triliun kepada desa-desa di seluruh Tanah Air, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada silaturahim dengan Persatuan Perangkat Desa Indonesia, Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (14/1) siang.

Presiden mengingatkan agar  dana sebesar Rp257 triliun itu terus berputar dari desa ke desa, di desa-desa yang diberikan. Jangan sampai kembali ke kota lagi, apalagi kembali ke Ibukota Jakarta.

“Saya titip supaya Bapak/Ibu perangkat desa ini tahu kenapa uang itu diberikan kepada desa. Kesejahteraan itu, ini teori ekonomi, dihitung kalau perputaran uang semakin banyak di sebuah wilayah, semakin banyak di daerah, atau semakin banyak di sebuah desa itu kesejahteraan dipastikan akan meningkat,” ujar Presiden.

Para perangkat desa diharapkan untuk menyampaikan hal ini kepada kepala desa atau kepada pendamping desa. Jadi Dana Desa itu atau kalau ingin membangun jalan desa, pertama,  beli materialnya dari desa setempat. Semen, dari toko yang ada di desa itu. Beli batu dari batu yang ada di desa itu.

“Kalau enggak ada, desa sebelahnya. Kalau enggak ada, desa sebelahnya. Beli pasir di desa itu atau enggak beli di desa sebalahnya, beli di desa sebelahnya. Supaya uang itu muter terus, kalau ingin bikin jalan, bikin irigasi, gunakan tenaga kerja asli dari daerah, dari desa setempat. Jangan ambil dari kota, agar uang itu beredar di desa tersebut.,” terang Presiden.

Dari Rp.257 triliun yang dianggarkan sudah Rp.187 triliun terealisasikan sampai akhir 2018, paling banyak dalam bentuk jalan desa.

Emy T/ Journalist/ VM                                                                                                   Editor: Maruli Sinambela

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here