Bursa Asia Awal Pekan Ditutup Mengecewakan

0
47

Menutup perdagangan saham di kawasan Asia awal pekan hari Senin (14/01) beberapa indeks utama bursa utama berakhir negatif. Sentimen di pagi hari berlanjut hingga akhir sesi oleh kontraksi kejutan dalam ekspor China dan kekhawatiran seputar penutupan operasional pemerintah AS yang sedang berlangsung dan pemungutan suara  Brexit minggu ini.

Indeks Shanghai Composite China turun  0,71 persen  karena data perdagangan terbaru negeri tersebut menunjukkan perlambatan lebih lanjut dalam ekonomi terbesar kedua di dunia itu. Indeks Hang Seng Hong Kong turun sebanyak 368,94 poin atau 1,38 persen.

Ekspor China secara tak terduga turun 4,4 persen dari tahun sebelumnya di bulan itu – penurunan bulanan terbesar dalam dua tahun, sementara impor juga turun 7,6 persen, menandai penurunan terbesar sejak Juli 2016.

Di pasar saham Australi, indeks ASX200 menyerah dari posisi kenaikan awal sesi dan berakhir flat karena angka perdagangan China yang lebih lemah memicu kekhawatiran baru atas dampak dari perang perdagangan China-AS. Saham sektor energy seperti saham Origin Energy dan Oil Search turun sekitar 1 persen karena harga minyak turun untuk sesi kedua berturut-turut. Saham raksasa pertambangan BHP dan Rio Tinto juga turun sedikit sementara itu saham empat bank besar naik sekitar setengah persen.

Indeks Kospi di perdagangan saham bursa Korea Selatan ditutup lebih rendah oleh sentimen penutupan sebagian pemerintah AS memasuki minggu keempat tanpa akhir yang terlihat. Indeks Kospi berakhir turun 11,05 poin atau 0,53 persen. Saham besar yang menjadi pemberat yaitu saham  Samsung Electronics anjlok  1,1 persen dan saham pembuat chip SK Hynix berakhir turun 4,6 persen.

Demikian juga di bursa Selandia Baru, indeks beringsut lebih tinggi dalam perdagangan yang tenang dengan indeks  NZX 50 berakhir naik 8,97 poin atau 0,10 persen. Bursa saham Jepang tutup oleh libur publik yaitu “Coming of Age Day”.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here