Presiden RI Joko Widodo dalam acara Deklarasi Alumni UI For Jokowi-Amin. Foto : Vibizmedia/Alumni UI

Dalam acara “Deklarasi Alumni UI untuk Jokowi-Amin” di di Plaza Tenggara, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (12/1/2019), Jokowi menyampaikan pidato singkat yang inspiratif.

 

Di hadapan sekitar 10.000 orang peserta dari sekitar 18 perguruan tinggi dan berbagai organisasi masa, Jokowi menyampaikan beberapa pengalaman pentingnya memimpin negri Indonesia bangsa yang besar.

 

Jokowi mengatakan untuk menjadi pemimpin Indonesia “Jangan coba-coba donk! Seorang pemimpin negara harus berpengalaman!” Di manajemen pemerintahan sangat berbeda dengan manajemen swasta.

 

Biarpun Jokowi menang tipis tapi dia tetap menang di Solo putaran pertama, namun selanjutnya Jokowi menang telak di Solo. Inilah pengalaman pertamanya saat menjadi pemimpin di pemerintahan. Pengalaman besar kemudian, Jokowi menjadi seorang pemenang di pilkada DKI Jakarta. Dia merasa tidak seorangpun mengenal dia saat itu, namun jalannya dipermudah Jokowi dipilih menjadi Gubernur DKI Jakarta. Jokowi memerlukan satu setengah tahun untuk mempelajari pekerjaan sebagai seorang walikota, karena manajemen pemerintahan berbeda dengan manajamen bisnis. Dan pada saat Jokowi menjadi pemenang dalam Pilpres 2014 sebagai Presiden Indonesia terpilih periode 2014 hingga 2019. Jokowi menyampaikan dia tidak lagi kaget dengan tantangan yang dia hadapi, sebab Jokowi sudah berpengalaman, apalagi sekarang.

 

 

Jokowi mengatakan pembangunan infrastruktur adalah syarat mutkak untuk Indonesia bersaing dengan negara-negara lain di dunia, sebelum masuk pada pembangunan sumberdaya manusia secara besar-besaran.

 

Jokowi menyampaikan bahwa memang betul salah satu pembangunan infrastruktur yang terlihat saat ini adalah pembangunan jalan tol yang telah menghubungkan Merak hingga Surabaya, namun bukan hanya itu, ada pembangunan infrastruktur yang belum banyak diketahui masyarakat,

 

Jokowi menyampaikan dengan semangat saat ini pembangunan infrastruktur sudah dilakukan pada 74.000 desa, dan selama empat tahun sudah digelontorkan 257 trilyun rupiah kepada ribuah desa itu, sehingga 6.900 pasar dibangun dan jalan ratusan kilometer sudah diwujudkan di seluruh tanah air.

 

Masih ada lagi 69 juta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia (JKN-KIS) yang dibagikan kepada masyarakat dengan cuma-cuma dan tidak membayar iuran. Belum lagi Kartu Indonesia Pintar yang telah diberikan kepada 19 juta anak-anak Indonesia dari keluarga yang tidak mampu. Ditambah lagi ada 10 juta keluarga yang mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk modal kerja dan keperluan lainnya.

 

Meskipun saat ini Jokowi sering disebut sebagai antek asing, namun dia memperlihatkan bukti, Blok Mahakam yang dikuasi asing dalam masa pemerintahannya 100 persen dimiliki oleh Indonesia. Chevron sekarang ini 100 persen dikelola oleh Pertamina dan bukti yang terakhir adalah Freeport, tahun 2018 Indonesia pemilik saham mayoritasnya sebesar 51 persen. “Dimana antek asingnya?” Tanya Jokowi.

 

Jokowi dengan semangat menyampaikan tantangan kita sebagai bangsa memang besar , “Tapi kita tidak boleh takut! Kita harus optimis! Optimis! Optimis!” Sontak alumni UI dan dari perguruan tinggi berteriak bersama “Jokowi, Jokowi, Jokowi, Jokowi!” Penutupnya Jokowi berkata, “Indonesia tidak akan bubar apalagi punah!” Kita harus bersama-sama membangun negara ini.

 

Deklarasi Alumni UI For Jokowi-Amin. Foto : Vibizmedia/Alumni UI

Hari itu sekitar 10.000 orang Alumni UI dan dari 18 perguruan tinggi menyuarakan bersama dukungan kepada Jokowi Amin untuk kembali memimpin Indonesia, mereka bersama-sama berdeklarasi:

 

Adalah hak kami untuk memilih pemimpin yg akan memajukan Indonesia, memperjuangkan rakyatnya hidup sejahtera dan damai.

 

Adalah hak kami untuk dipimpin oleh pemimpin yg memiliki kesadaran akan kesetaraan gender, suku, ras, dan agama.

 

Kami percaya hanya pemimpin yg tegas, bersih, toleran, kerja nyata, dan mencintai rakyatnya yg mampu memberikan hak kami.

 

Kami percaya pemimpin yg amanah, anti korupsi, anti kolusi, dan anti nepotisme yg akan mampu mengangkat martabat Indonesia di mata dunia.

 

Kami, alumni UI, bersatu untuk mendukung dan mengawal kemenangan Jokowi-Amin.

 

Selesai menyampaikan pesan, Jokowi menerima jaket dari Ketua Gerakan Alumni UI untuk Jokowi-Amin Fajar Soeharto, sebagai lambang kepercayaan Alumni UI kepada Jokowi memimpin Indonesia dan Jokowi turun memberikan salam kepada ribuan peserta tanpa takut akan keamanan dirinya, sementara peserta deklarasi dengan khimad menyanyikan lagu Rayuan Pulau Kelapa yang menyentuh hati dipimpin oleh Addie MS.

 

 

Tanah airku Indonesia

Negeri elok amat kucinta

Tanah tumpah darahku yang mulia

Yang kupuja sepanjang masa

Tanah airku aman dan makmur

Pulau kelapa yang amat subur

Pulau melati pujaan bangsa

Sejak dulu kala

Reff:

Melambai lambai nyiur di pantai

Berbisik bisik Raja Kelana

Memuja pulau nan indah permai

Tanah Airku Indonesia

 

Fadjar Dewanto/VM
Photo : Vibizmedia/Fadjar
Editor : Fanya Jodie

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here