Saham Caterpillar Memangkas Keuntungan Bursa Wall Street Akhir Pekan

0
45

Perdagangan saham Amerika akhir pekan di bursa Wall Street pada hari Jumat (11/01) tidak menguntungkan dengan indeks bergerak lebih rendah  karena penutupan pemerintah AS berlarut-larut dan juga kekhawatiran atas kemungkinan perlambatan ekonomi di China.

Melihat indeks yang tercatat pada New York Stock Exchange, indeks Dow Jones Industrial Average turun 142 poin atau 0,57 persen yang mendapat tekanan dari anjloknya saham  Caterpillar dan Goldman Sachs. Lalu indeks S&P 500 turun 0,46 persen yang banyak ditekan oleh anjloknya saham-saham sektor energi, kemudian indeks Nasdaq Composite turun cukup signfikan hingga 0,7 persen.

Pemerintah federal masih tutup pada hari Jumat ini yang sudah selama 21 hari berturut-turut tidak beroperasi, dan memicu kekhawatiran penutupan akan berlangsung lama. Pada hari Kamis, Presiden Donald Trump tweeted ia tidak akan hadir pada Forum Ekonomi Dunia tahunan di Davos akhir bulan ini karena penutupan operasional pemerintahnya. Selain itu juga Trump mengatakan dia akan mungkin mengumumkan keadaan darurat nasional jika Gedung Putih dan Kongres tidak dapat mencapai kesepakatan untuk pembiayaan tembok perbatasan.

Indeks saham di Wall Street ini sebelumnya sudah cukup kuat masuki lima hari berturut-turut, namun kekhawatiran atas kemungkinan perlambatan ekonomi di China membebani pasar ekuitas akhir pekan. Muncul pemberitaan bahwa  Starbucks akan menjadi perusahaan berikutnya yang memperingatkan perlambatan di China menyusul pemotongan proyeksi pendapatan Apple baru-baru ini.

Kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi Tiongkok datang ketika China mencoba untuk melakukan kesepakatan permanen dengan AS untuk menyelesaikan perang perdagangan yang menghukum. Ekonomi terbesar di dunia itu telah mengenakan tarif barang bernilai miliaran dolar sejak tahun lalu.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here