Tingkatkan Pariwisata, Kemenpar Masuk Ajang Promo Wisata Terbesar di Belanda

0
68
Ilustrasi: Senja di Pulau Ransiwor, Raja Ampat (Photo: Sharon/ Vibizmedia.com)

(Vibimedia – Nasional) Kementerian Pariwisata terus menjalankan komitmennya untuk meningkatkan pariwisata, termasuk menggaet wisatawan mancanegara (wisman) masuk ke Indonesia.

Untuk itu, memasuki tahun baru 2019, Kementerian Pariwisata berpartisipasi pada ajang promosi pariwisata terbesar di wilayah Belgium-Netherland-Luxembourg (Benelux) yakni Vakantibeurs. Ajang promosi Vakantibeurs digelar mulai 9 hingga 13 Januari 2019.

Ajang promosi Vakantibeurs tersebut dikhususkan untuk menarik wisman dari negeri Belanda, khususnya untuk masa liburan musim panas. Belanda merupakan salah satu dari 5 pasar utama di Eropa. Mereka diharapkan dapat memberikan kontribusi jumlah wisman sebesar 310.000 dari target 20 juta di tahun 2019.

“Tahun lalu, Vakantibeurs diikuti 1.126 exhibitor dan dihadiri 105.369 pengunjung dari 119 negara. Dengan skema 2 hari trade fair (B2B) dan 3 hari consumer day (B2C). Tahun ini, animo semakin besar dan Indonesia melalui Kemenpar memfasilitasi 21 industri pariwisata. Terdiri dari 11 travel agent/tour operator, 10 hotel/akomodasi, 2 organisasi kepariwisataan, dan 1 airlines (Garuda Indonesia),” ungkap Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar , Nia Niscay,  Rabu (9/1).

Bentuk acara promosi antara lain media workshop yang akan memberikan informasi mengenai up and rising destination yang menjadi highlight tahun 2019 kepada media partners. Kemenpar memfasilitasi Gathering dan Networking yang akan dihadiri oleh para partner bisnis Kemenpar. Termasuk co-exhibitor yang tergabung di paviliun Indonesia.

Program-program konkret yang dilaksanakan Kemenpar untuk pasar Eropa, antara lain dengan menggelar famtrip yang mengundang 50 pax untuk media dan TA/TO. Kemudian Sales Mission yang akan dilaksanakan pada Maret 2019 di Amsterdam dan Brussel. Selanjutnya ada Insentif Airlines/ Wholesaler berupa joint promotion pada tahun 2019.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, membidik wisman Belanda di Tourism Hub merupakan salah satu strategi pamungkas. Ini digunakan untuk mempercepat pencapaian target wisman Balanda. Kemenpar juga menampilkan Cultural Performance untuk memberikan sajian kekayaan budaya Indonesia. Antara lain dalam pertunjukan tarian, karnaval, musik, dan henna.

Emy/ Journalist/ VM                                                                                                        Editor: Maruli Sinambela

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here