The Fed AS Perlu Bersabar Menaikkan Suku Bunga

0
103
Pimpinan Federal Reserve atau Bank Sentral Amerika yang baru, Jerome Powell

(Vibizmedia – Economy & Business) Sinyal dovish The Fed untuk kenaikan suku bunga AS tahun 2019 ini terkonfirmasi. Pejabat Federal Reserve mengakui bahwa jalur kebijakan ke depan “kurang jelas” setelah menyetujui kenaikan suku bunga pada pertemuan terbaru mereka.

Risalah yang dirilis Rabu dari pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal pada bulan Desember menunjukkan para pejabat sepakat bahwa “beberapa peningkatan bertahap lebih lanjut” . Apa yang akan diterjemahkan dalam istilah praktis, menjadi kurang jelas bagi bank sentral yang hanya beberapa bulan sebelumnya menunjukkan empat kenaikan pada tahun 2019.

Risalah mencatat bahwa latar belakang inflasi rendah berarti Fed dapat bersabar tentang kebijakan lebih lanjut.

The Fed menaikkan suku bunga acuan seperempat poin ke kisaran 2,25 persen hingga 2,5 persen, kenaikan keempat tahun ini dan kesembilan sejak normalisasi kebijakan dimulai pada Desember 2015.

Keragu-raguan itu tercermin dalam perkiraan tingkat di antara anggota individu. Pejabat memotong langkah yang diharapkan tahun ini dari empat menjadi dua, mengutip berbagai kekhawatiran tentang pertumbuhan dan volatilitas di pasar keuangan.

“Kekhawatiran atas meningkatnya ketegangan perdagangan, prospek pertumbuhan global, dan keberlanjutan pertumbuhan pendapatan perusahaan adalah di antara faktor-faktor yang tampaknya berkontribusi terhadap penurunan signifikan dalam harga ekuitas AS,” risalah tersebut mengatakan.

Dapat disimpulkan sinyal dovish terjadi karena kemungkinan perlambatan pertumbuhan ekonomi global yang lebih tajam dari perkiraan, memudarnya stimulus fiskal yang lebih cepat, peningkatan ketegangan perdagangan, pengetatan lebih lanjut kondisi keuangan, atau pengetatan kondisi keuangan lebih lanjut, atau negatif yang lebih besar dari yang diantisipasi efek dari pengetatan kebijakan moneter hingga saat ini.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here