Ranah Minang Makin Berbendah, Kunjungan Wisatawan Meningkat

0
43
Sumbar Jadikan Rektorat Universitas Negeri Padang (Photo: Wikipedia)

(Vibimedia – Nasional) Sumatera Barat (Sumbar) merupakan salah satu provinsi yang memiliki berbagai kekayaan sumber daya alam seperti  batubara, batu besi, batu galena, timah hitam, seng, mangan, emas, batu kapur (semen), kelapa sawit, kakao, gambir dan hasil perikanan. Sehingga secara umum perekonomian Sumbar ditopang sektor pertanian, industri pengolahan dan perdagangan.

Namun ke depannya, provinsi yang menempati sepanjang pesisir barat Sumatera, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai, tak dapat dihindari memiliki juga keindahan alam yang memukau. Dengan alasan inilah sektor pariwisata akan dikembangkan dan menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi baru di Sumatera Barat.

Upaya Pemerintah Provinsi Sumbar yang merupakan rumah bagi etnis Minangkabau, untuk menggaet para wisatawan berkunjung ke Ranah Minang mulai menampakkan hasil. Berdasarkan catatan yang dihimpun dari Dinas Pariwisata Sumbar, jumlah kunjungan wisatawan ke Sumbar pada 2018 diperkirakan mencapai 8,1 juta orang. Angka ini melebihi dari target 8 juta orang.

“Dari 8,1 juta orang tersebut terdiri atas 8.073.070 wisatawan nusantara dan 57.638 wisatawan mancanegara atau wisman,” ujar Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Selasa (8/1).

Nasrul Abit mengatakan, untuk bisa menjadikan pariwisata sebagai sumber ekonomi baru, dibutuhkan sejumlah upaya. Salah satunya terus meningkatkan dan mengoptimalkan daya tarik objek wisata. Selain itu, juga mematangkan rencana pengembangan pariwisata. Dari 10 kabupaten dan kota di wilayah Sumatera Barat yang mengembangkan pariwisata, belum ada saling keterkaitan serta belum ada perencanaan yang matang dan komprehensif..

Pemerintah daerah terus melakukan pembenahan pada sejumlah objek wisata yang ada di daerah itu. Saat ini yang fokus dibenahi adalah tempat wisata untuk dilengkapi infrastruktur dan sarana penunjang lainnya. “Persyaratan yang wajib ada di lokasi objek wisata adalah WC, kamar mandi, mushala, kuliner hingga pusat penjualan cendera mata,” sebutnya.

Sumbar memiliki pantai, laut, pulau, danau, bukit, lembah, pegunungan, kuliner hingga kekayaan adat istiadat. Keindahan alam bumi Ranah Minang nan elok ini memang elok. Hasil penelitian Pusat Kajian Sosial Budaya dan Ekonomi (PKSBE) Universitas Negeri Padang, membuktikan bahwa sebagian besar wisatawan yang berkunjung mengakui Sumbar memiliki daya tarik berupa alam yang indah.

Emy T/ Journalist/ VM                                                                                                  Editor: Maruli Sinambela

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here