Bursa Asia 09/01 Ditutup Menguat Signifikan, Saham Minyak Laku Keras

0
70

Perdagangan saham di bursa kawasan Asia kembali meningkat  secara keseluruhan pada perdagangan hari Rabu (09/01) yang mendapat dukungan  optimisme bahwa pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat dan Cina mengalami kemajuan. Kekuatan sentimen bertambah oleh perpanjangan pertemuan dan juga tweet dari  Presiden AS Donald Trump  bahwa pembicaraan dengan China berjalan sangat baik.

Investor optimis bahwa kesepakatan perdagangan dapat dicapai menjelang tenggat waktu 1 Maret yang ditetapkan oleh Trump dan Presiden Cina Xi Jinping bulan lalu di KTT G-20 di Argentina. Beijing menyetujui impor lima tanaman yang dimodifikasi secara genetik pada hari Selasa, yang pertama dalam sekitar 18 bulan dalam upaya untuk meningkatkan pembelian biji-bijian A.S.

Indeks Shanghai Composite China naik 17,88 poin atau 0,71 persen  sedangkan indeks Hang Seng Hong Kong berakhir meningkat sebanyak 586,87 poin atau 2,27 persen. Penjualan saham Jepang naik untuk hari ketiga di tengah tanda-tanda kemajuan dalam pembicaraan perdagangan AS-China, dimana indeks Nikkei naik 223,02 poin atau 1,10 persen sedangkan indeks Topix  ditutup naik 1,10 persen.

Saham – saham yang laku keras di Jepang seperti saham Mitsubishi Heavy Industries, Komatsu, Panasonic, Pacific Metals, Yaskawa Electric dan Daikin Industries hingga menguat 3-4 persen. Demikian juga saham Astellas Pharma naik 2,7 persen untuk mencapai level tertinggi tiga minggu setelah obatnya Evenity menerima persetujuan pertama di dunia di Jepang.

Pasar saham Australia mencapai posisi indeks tertinggi lima minggu setelah Wall Street ditutup lebih tinggi untuk sesi ketiga berturut-turut semalam. Indeks acuan  ASX 200 naik 55,90 poin atau 0,98 persen dengan Indeks All Ordinaries  naik 55,10 poin atau 0,95 persen. Sektor saham yang paling banyak diburu yaitu saham Healthcare seperti saham  CSL dan Cochlear naik sekitar 3 persen. Demikian juga saham perminyakan seperti  Origin Energy, Woodside Petroleum, Oil Search dan Santos naik 1-3 persen.

Di bursa saham Korea Selatan juga menerima keuntungan besar dengan  indeks Kospi melonjak 39,44 poin atau 1,95 persen, dengan  membukukan kenaikan satu hari terbesar sejak November 2018. Kekuatan indeks disupport oleh saham Kelas berat teknologi seperti saham Samsung Electronics dan SK Hynix ditutup lebih tinggi masing-masing sebesar 3,9 persen dan 7,4 persen.

Peningkatan perdagangan saham juga terjadi pada bursa Asia kawasan lain seperti di Indonesia dengan IHSG menguat 0,15 persen dan bursa India juga menguat dengan indeks naik signifikan 0,63 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here