Harga Minyak Sangat Terkait Perkembangan Perdagangan AS-China

0
54

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak hari ini menguat terbantu optimisme perundingan perdagangan AS-China. Apa kaitan harga minyak dengan perdagangan AS-China?

Seperti banyak diperkirakan, maka hasil pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat dan China minggu ini akan memainkan peran utama dalam menentukan apakah harga minyak dapat terus rally.

Harga minyak telah naik selama enam sesi berturut-turut, kembali menguat setelah jatuh ke posisi terendah 1,5 tahun bulan lalu. Biaya minyak mentah turun lebih dari 40 persen antara awal Oktober dan akhir Desember di tengah kekhawatiran tentang melambatnya pertumbuhan ekonomi dan kelebihan pasokan di pasar minyak.

Kekuatiran perlambatan ekonomi sangat berpengaruh dengan harga minyak. Karena jika ekonomi lemah, maka permitaan minyakpun menjadi lemah. Jika ekonomi global tidak jatuh, minyak dapat naik sedikit lebih tinggi. Akan tetapi harga akan menjadi sangat lemah jika ada ketidakpastian terbesar, yaitu perang perdagangan yang terjadi antara AS dan China.

Perwakilan perdagangan AS dan Tiongkok bertemu Senin dan Selasa untuk menegosiasikan jalur maju dalam perselisihan perdagangan yang sedang berlangsung di negara itu.

Tarif tambahan mengancam akan membebani pertumbuhan ekonomi global, dan akibatnya menurunkan permintaan minyak dan bahan bakar. Ini terjadi pada saat analis memperingatkan bahwa permintaan minyak akan tumbuh lebih lambat dari yang diperkirakan sebelumnya pada tahun 2019.

Penggerak utama untuk harga minyak saat ini adalah kekuatan atau kelemahan pasar keuangan yang lebih luas dan suasana di sekitar ekonomi. Apakah OPEC dan produsen besar lainnya termasuk Rusia akan tetap berpegang pada pengurangan produksi mereka sekarang menjadi perhatian sekunder.

Dalam beberapa hari mendatang, harga minyak kemungkinan akan mengikuti berita dari pembicaraan perdagangan AS-China.

 

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here