Bursa Eropa 8 Januari Untung Besar, Tertinggi 3 Pekan

0
77

Perdagangan saham di bursa Eropa pada hari Selasa (08/01) meningkat dengan indeks bursa utama  mencapai level tertinggi tiga minggu oleh sentimen positif pasar akan  harapan kesepakatan perdagangan antara Cina dan Amerika Serikat serta berita pemerintah Italia menyetujui keputusan yang bertujuan menopang pemberi pinjaman bermasalah Banca Carige.

Terpantau indeks pan-European Stoxx  600 naik 0,7 persen  dalam pembukaan transaksi setelah turun 0,2 persen pada hari sebelumnya. Indeks DAX Jerman naik 0,3 persen, sementara indeks CAC 40 Prancis dan FTSE 100 AS masing-masing naik sekitar 0,8 persen.

Melihat pergerakan saham utama di bursa Eropa, saham Carrefour menguat 1,9 persen di Paris setelah Bank of America Merrill Lynch menaikkan peringkatnya pada saham. Namun saham Sika AG turun 2,6 persen setelah laporan bahwa ia akan membeli rivalnya Parex dengan $ 2,55 miliar.

Pergerakan saham di bursa London, saham Rolls-Royce Holding melonjak 3,4 persen di London setelah Kantor SFO membatalkan penyelidikannya terhadap beberapa individu yang terkait dengan perusahaan. Namun untuk saham WM Morrison Supermarkets turun 3,7 persen setelah melaporkan penurunan tajam dalam pertumbuhan penjualan di toko-tokonya selama Natal.

Bersamaan dengan bursa berjalan, terdapat beberapa data dari kalender ekonomi kawasan eropa seperti data sentimen ekonomi zona euro menurun lebih dari yang diperkirakan pada bulan Desember ke level terendah sejak awal 2017. Kemudian ada laporan defisit perdagangan barang Prancis melebar tajam pada bulan November dan lebih buruk dari perkiraan ekonom.

Disusul laporan Produksi industri Jerman yang menurun untuk bulan ketiga berturut-turut pada November, menentang ekspektasi untuk kenaikan, di tengah penurunan tajam pada barang-barang konsumen dan output energi.

Lalu data dari kalender ekonomi Inggris terdapat laporan yang menunjukkan harga rumah Inggris melonjak secara tak terduga pada bulan Desember dan Sekretaris Brexit Stephen Barclay membantah laporan di Telegraph bahwa para pejabat Inggris  memadamkan perasaan di Brussels tentang perpanjangan pemberitahuan Pasal 50.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here