Perkembangan Perdagangan AS-China Menjadi Sentimen Sensitif Pasar Global

0
82

(Vibizmedia – Economy & Business) Perkembangan perdagangan AS-China selalu menjadi perhatian pasar global, bahkan dapat dikatakan sebagai sentimen yang sensitif untuk pergerakan pasar.

Dimulainya lagi putaran baru pembicaraan perdagangan AS-China memberikan dorongan positif bagi pasar global. AS dan China mengadakan pembicaraan perdagangan tingkat wakil menteri di Beijing pada 7-8 Januari, menurut kementerian perdagangan China. Laporan-laporan mengatakan tim kerja yang dipimpin oleh Wakil Perwakilan Perdagangan AS Jeffrey Gerrish akan bertemu para pejabat Tiongkok untuk melakukan diskusi positif dan konstruktif.

Bursa Saham Asia menguat pada awal pekan Senin terbantu sentimen positif putaran baru perundingan perdagangan antara Amerika Serikat dan China di Beijing.

Demikian juga harga minyak melonjak lebih 2 persen pada hari Senin, memperpanjang rally dari posisi terendah 18-bulan Desember dengan dukungan dari optimisme pembicaraan perdagangan AS-China dan penurunan produksi OPEC.

Sejak semalam sentimen pembicaraan perdagangan AS-China ini memberikan dorongan positif bagi bursa Wall Street. Demikian juga malam ini indeks Dow Jones Industrial Average naik dengan investor mencermati berita perdagangan AS-China terbaru ketika kedua negara mencoba untuk menuntaskan kesepakatan permanen.

Selanjutnya memang pasar akan mencermati hasil pembicaraan perdagangan tanggal 7-8 Januari ini. Jika terjadi kesepakatan untuk gencatan atau hasil positif kedua negara, tentu akan memberikan sentimen positif bagi pasar. Namun jika tidak terjadi lagi kesepakatan, maka sentimen perang dagang akan berlanjut dan memberikan sentimen negatif bagi pasar.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here