Bursa Asia Utama 7 Januari Kuat Signifikan, Saham di Korea Meroket Naik 30%

0
101

Perdagangan bursa saham utama kawasan Asia yang sudah tutup diakhir sesi Asia hari Senin (07/01) terpantau mencetak keuntungan dengan indeks ditutup menguat signfikan. Sentimen positif yang menggerakkan investor memburu saham-saham Asia datang dari optimismeĀ  menjelang putaran negosiasi perdagangan antara Amerika Serikat dan Cina di Beijing.

Di bursa saham Jepang, indeks Nikkei 225 yang dibuka kuat awal sesi ditutup menguat signifikan dengan kenaikan 2,66 persen dengan indeksĀ  Topix melonjak 2,91 persen. Untuk saham unggulan yang ikut menopang indeks yaitu meningkatnya saham pembuat mobil Toyota naik sekitar 2,9 persen.

Penutupan indeks Kospi pada bursa saham Korea Selatan ditutup menguat 0,83 persen yang mendapat support kuat dari lompatanĀ  saham pembuat baja Dongbu Steel. Saham ini meroket hampir 30 persen setelah perusahaan mengumumkan rencana untuk menerbitkan saham baru untuk menarik investasi baru. Saham Samsung naik 2,94 persen.

Demikian juga perdagangan saham di bursa Australia naik cukup signfikan dengan indeks ASX 200 naik 1,16 persen dengan sebagian besar indeks saham per sektor sektor alami kenaikan. Sektor material naik 2,1 persen karena saham-saham penambang utama diperdagangkan naik seperti saham Rio Tinto naik 2,53 persen, Fortescue Metals Group naik 2,67 persen dan BHP Billiton melonjak 3,07 persen.

Keuntungan juga sangat dirasakan pada bursa saham China dengan indeks komposit Shanghai ditutup naik 2,05 persen dan di bursa saham Hongkong indeks Hang Seng bergerak naik 0,77 persen. Bursa Hongkong masih belum tutup perdagangan saat tulisan ini dinaikkan.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here