Dua Berita Penggerak Pasar : Pembicaraan Dagang AS-China dan Data Pekerjaan AS

0
42

(Vibizmedia – Economy & Business) Pasar global akhir pekan Jumat (04/01) mendapat dorongan positif setelah dua berita penggerak memberikan pengaruh penting.

Berita pertama adalah upaya pembicaraan kembali AS dan China membahas perdagangan mereka yang dilanda konflik berkepanjangan.

Kementerian perdagangan China, seperti dilansir CNBC, mengatakan akan mengadakan pembicaraan perdagangan wakil menteri dengan rekan-rekan A.S. di Beijing pada 7-8 Januari.

Kedua negara telah terkunci dalam perang dagang hampir sepanjang tahun lalu, mengganggu aliran barang bernilai ratusan miliar dolar, meningkatkan kekhawatiran akan melambatnya pertumbuhan dan gejolak pasar keuangan.

Berita kedua adalah melonjaknya data Non Farm Payrolls AS bulan Desembr 2018. Penciptaan lapangan kerja Amerika Serikat berakhir pada 2018 dengan catatan kuat, dengan Non Farm Payrolls melonjak 312.000 pada Desember meskipun tingkat pengangguran naik menjadi 3,9 persen.

Ekonom yang disurvei oleh Dow Jones memperkirakan pertumbuhan pekerjaan hanya 176.000, meskipun mereka memproyeksikan tingkat pengangguran turun menjadi 3,6 persen. Angka upah juga jauh di atas ekspektasi 3 persen tahun ini dan 0,3 persen dari November.

Dengan terbukanya lagi pembicaraan perdagangan AS-China mendorong bursa Eropa menguat malam ini. Semua indeks kawasan Eropa, baik DAX Jerman, CAC Perancis, FTSE Inggris dan STOXX 600 Eropa berada di jalur positif.

Harga minyak juga melonjak pada hari Jumat setelah China mengatakan akan mengadakan pembicaraan perdagangan dengan Amerika Serikat.

Sedangkan melejitnya Non Farm Payrolls AS memberikan dukungan bagi dolar AS, demikian juga bursa Wall Street berada di zona positif.

Dan sebaliknya menguatnya data ekonomi AS yang mengangkat dolar AS, membuat harga emas melemah.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here