Perlambatan Manufaktur Global 2018 Munculkan Kekuatiran Pertumbuhan Ekonomi

0
115

(Vibizmedia – Economy & Business) Memasuki awal tahun 2019, perekonomian ekonomi global memunculkan kekuatiran perlambatan pertumbuhan. Hal tersebut tercermin dalam rilis data ekonomi terkait pertumbuhan manufaktur yang melemah dan terjadi di banyak negara.

Kita bisa lihat dari dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia yaitu China dan AS. Karena perang dagang keduanya ini juga yang menyebabkan perlambatan pertumbuhan, baik bagi keduanya juga negara lainnya.

Hasil survei manufaktur swasta China untuk bulan Desember menunjukkan aktivitas pabrik melemah pertama kalinya dalam 19 bulan di tengah perang perdagangan dengan AS.

Lihat : Pertumbuhan Manufaktur Swasta China Merosot Pertama Kali Dalam 19 Bulan

Indeks The Caixin/Markit Manufacturing Purchasing Managers (PMI), turun menjadi 49,7 pada Desember dari 50,2 pada November. Analis dalam jajak pendapat Reuters memperkirakan PMI berada di 50,1 pada bulan Desember. Angka di atas 50 mengindikasikan ekspansi, sementara angka di bawah level itu menandakan kontraksi. Jadi dapat terlihat manufaktur China berada di wilayah kontraksi.

Sementara itu di AS juga mengalami pelemahan. Sebuah survei terhadap pabrikan Amerika menunjukkan pertumbuhan paling lambat dalam 15 bulan di bulan Desember, mencerminkan penurunan kepercayaan di kalangan eksekutif tentang bagaimana bisnis mereka akan berjalan di tahun baru.

IHS Markit mengatakan PMI manufaktur AS turun menjadi 53,8 pada Desember dari pembacaan awal 53,9, dan turun dari 55,3 pada bulan sebelumnya.

Lihat : Pertumbuhan Manufaktur AS Akhir Tahun Terlemah 15 Bulan

Bahkan dinyatakan hal tersebut menjadi pertanda buruk bagi perekonomian jika hilangnya kepercayaan terus berlanjut. Tingkat optimisme di kalangan eksekutif senior berada pada titik terendah dalam lebih dari dua tahun.

Bagaimana dengan negara lain di belahan benua Eropa? Ternyata baik di ekonomi terbesar Eropa yaitu Jerman, maupun negara lain yang tergabung dalam zona Eropa mengalami hal yang sama.

Aktivitas manufaktur zona Eropa hampir tidak berkembang pada akhir 2018. Menurut Markit Manufacturing PMI akhir Desember turun untuk bulan kelima, datang di 51,4 dari 51,8 November, sesuai dengan pembacaan cepat tetapi hampir di atas level 50 yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi. Angka tersebut adalah pembacaan terendah sejak Februari 2016

Siapa yang disalahkan dengan adanya perlambatan manufaktur global di akhir tahun 2018 ini? Pasar menyatakan kekhawatiran atas perang perdagangan global yang berkelanjutan, ketidakpastian politik yang sedang berlangsung dan pengetatan kondisi keuangan, semuanya melemahkan kepercayaan selama bulan Desember.

Pengaruh perlambatan ini terlihat dengan merosotnya harga minyak global di awal tahun ini. Mengapa demikian? Perlambatan pertumbuhan manufaktur tentu memicu kekuatiran perlambatan pertumbuhan global yang memicu kekuatiran melemahnya permintaan. Hal ini bisa berlanjut kepada perkembangan perdagangan global lainnya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here