(Vibizmedia – Lensa) – Menjelang Tahun Baru, tak ada salahnya jika Anda sesekali mengunjungi Kawasan Kota Tua Jakarta. Tempat wisata yang sarat nilai sejarah itu,tentunya akan memberikan kesan tersendiri bagi Anda.

Di Kawasan Kota Tua Jakarta, Anda bisa melihat dan mengeksplorasi banyak obyek wisata, yang diantaranya adalah Museum Fatahillah, yang terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 1, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat.

Selain mengunjungi Museum Fatahillah, ada lagi hal yang jangan dilewatkan di Kawasan Kota Tua, yaitu menaiki sepeda ontel yang ada di halaman Museum Fatahillah. Di Kawasan Kota Tua, sepeda ontel yang ada sudah didekorasi dengan berbagai macam warna, seperti merah muda,biru muda dan biru.Tentu saja, Anda bisa menyewa sepeda ontel yang unik itu, dengan mengenakan properti unik yang juga disediakan disana, yaitu topi pantai.

Pengunjung seperti saya, cukup merogoh kocek yang tak mahal, yaitu hanya sekitar Rp 20.000,- saja per setengah jam. Dengan sepeda ontel dan topi pantai, Anda bisa berfoto dan berkeliling sekitar halaman Museum Fatahillah.

Cukup sampai situ saja? Tentu tidak! Beranjaklah sedikit dari sepeda ontel, maka kita akan menemukan beberapa manusia yang terlihat seperti patung yang bergaya layaknya tokoh- tokoh pejuang bangsa. Para “manusia patung” itu mendandani dirinya lengkap dengan beberapa atribut yang dicat keemasan atau silver, sepeda ontel ,bendera merah putih dan juga aksesoris lainnya yang mendukung penampilan mereka.

Dan tentu saja, hampir rata-rata pengunjung yang datang ke Kawasan Kota Tua Jakarta, tidak pernah melewatkan kesempatan untuk berfoto dengan para manusia patung tersebut. Untuk bayaran, tentunya pengunjung tak dipatok tarif, tetapi seikhlasnya saja.

Kehadiran manusia patung, tentunya juga turut membatu edukasi bagi para generasi muda yang berkunjung ke tempat ini agar kembali mengingatkan perjuangan para pahlawan bangsa kita ini.

Berpindah dari lokasi manusia patung ,saya mencoba menyusuri sekitar Museum Fatahillah menemukan tempat menarik lainnya, yaitu photo booth yang menerapkan konsep konsep jadul. Tentu saja, salah satu obyek photo booth yang menarik adalah mobil tua dengan cat warna yang atraktif dengan kesan klasik yang begitu terlihat.

Ya, kehadiran mobil photo booth tersebut dengan suasana Museum Fatahillah ini membuat diri saya serasa melihat Jakarta di zaman 90-an. Dan kalau dipikir-pikir, ternyata tampilan Kota Tua Jakarta tak kalahnya dengan suasana Eropa yang juga bergaya klasik. Jadi, tunggu apalagi? Jangan lewatkan liburan jelang Tahun Baru Anda di Kawasan Kota Tua Jakarta.

Ezra Judah/VM
Photo : Vibizmedia/Ezra Judah
Editor : Fanya Jodie

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here