Kepemilikan 51% Saham Freeport, Telah Resmi Di Miliki Indonesia Hari Ini

0
84

(Vibizmedia-Jakarta) PT Freeport Indonesia (PTFI), kembali ke pangkuan Republik Indonesia. Penandatanganan dan transaksi telah dilakukan hari ini, Jumat (21/12). 51% saham PT Freeport Indonesia menjadi milik negara.

Melalui proses divestasi saham Freeport, pasca penyelesaian dokumen Conditional Precedence yang sudah ditandatangani pada perjanjian jual-beli pada September lalu.

PT Inalum (Persero) meningkatkan kepemilikan sahamnya di PTFI dari 9,36% menjadi 51,2%. Melalui peningkatan tersebut, untuk pertama kalinya Pemerintah Daerah (Pemda) Papua akan mendapatkan alokasi saham.

Pemda Papua akan memiliki 10%, Inalum 41,2%, dan Freeport McMoRan sebesar 48,8%. Inalum dan Pemda Papua akan menjadikan entitas Indonesia menjadi pengendali PTFI.

Saham Pemda Papua ini, nantinya akan dimasukan ke perusahaan khusus bernama PT Indonesia Papua Metal dan Mineral. Di mana sahamnya Inalum sebesar 60% dan Pemda Papua melalui BUMD sebesar 40%.

Berdasarkan saham yang dimiliki Pemda Papua, akan dibagi untuk Kabupaten Mimika menjadi 7%, termasuk didalamnya hak ulayat, sedangkan untuk Provinsi Papua sebesar 3%.

Pemda Papua akan mendapatkan dividen minimal sebesar USD 100 juta dollar AS atau Rp 1,45 triliun per tahun yang akan didapatkan setelah tahun 2022.

Selain itu, pemerintah daerah juga akan mendapatkan 6% dari laba bersih PTFI. Hal ini, berdasarkan Peraturan Pemerintah No 37/2018 tentang Perlakuan Perpajakan dan/atau Penerimaan Negara Bukan Pajak di BidangUsaha Pertambangan Mineral.

Laba bersih 6% dibagi menjadi 2,5% untuk Kabupaten Mimika, 2,5% untuk Kabupaten di luar Mimika dan 1% untuk Provinsi Papua. Seluruh manfaat tersebut di luar bantuan CSR dan community development serta pendapatan pajak daerah dan royalti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here