Presiden Instruksikan K/L Ubah Fokus 2019 Menjadi Pembangunan SDM Secara Masif

0
95

(Vibizmedia-Jakarta) Fokus kerja kabinet Jokowi-JK tahun 2019 adalah pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Rabu (5/12), Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada jajarannya untuk mengubah fokus kerja di tahun 2019 menjadi program pembangunan SDM.

Seperti yang sudah saya sampaikan baik dalam rapat terbatas, maupun rapat paripurna bahwa tahun 2019 kita akan melakukan pergeseran strategi untuk masuk ke program pembangunan SDM, terang Jokowi.

Saya minta semua menteri, rencana kerjanya memasukkan program ini sebanyak banyaknya, di semua kementerian mengenai SDM, lanjutnya.

Dirinya mencontohkan, seperti di Kementerian Ketenagakerjaan yang pada Januari 2019, sudah bisa memperluas balai pelatihan dan balai pelatihan kerja hingga pondok pesantren. Setidaknya harus dibangun 1.000 balai pelatihan kerja dan bisa dimulai pada Januari tahun depan.

Kemudian, di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), mengutamakan program sertifikasi untuk tenaga teknik di lapangan. Kementerian Pertanian bisa juga melakukan pelatihan terhadap petugas penyuluh lapangan (PPL).

Sementara untuk Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dengan melibatkan atau memberikan pelatihan kepada masyarakat, sehingga tidak melulu kepada para pegawainya saja.

Sedangkan kementerian lain bisa diadopsi. Bagi pengembangan SDM di Indonesia juga akan disediakan fasilitas pajak yaitu super deduction tax dalam rangka mendorong kegiatan pengembangan.

 

Journalist: Rully

Editor: Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here