Masih Cocokkah Performance Management ala Lama?

0
55

(Business Lounge Journal – Human Resources)

Karakteristik dari keempat generasi memang berbeda (Baca: Empat Generasi, Satu Dunia) dan harus diupayakan untuk dijembatani (Baca: Meninjau Kultur). Budaya kerja sekarang ini memang berbeda jika dibandingkan dengan budaya kerja 10 tahun yang lalu apalagi jika dibandingkan dengan 20 tahun yang lalu. Hal ini jelas berkaitan dengan perkembangan teknologi komunikasi yang ada selama 20 tahun terakhir ini dan jelas sangat mempengaruhi perubahan cara kerja yang ada.

Beberapa yang berbeda:

  • Perusahaan tidak lagi mengharuskan karyawannya hadir 40 jam dalam seminggu oleh karena teknologi telah memungkinkan karyawan dapat bekerja dari mana saja. Teknologi juga telah memungkinkan semua update dapat dilakukan kapan saja.
  • Empat generasi dalam sebuah periode kerja yang sama saat ini juga telah menuntut pengusaha untuk dapat memenuhi beragam kebutuhan dan harapan dari semua karyawan. Rasanya hampir mustahil untuk melakukan sebuah pendekatan yang dapat sesuai dengan keinginan semua generasi, karena itu penting untuk memiliki pendekatan bagi tiap-tiap generasi.
  • Kebutuhan untuk mendapatkan umpan balik (feedback) bukan lagi suatu yang asing. Para millennial saat ini lebih menyukai mendapatkan umpan balik saat mereka melakukan pekerjaannya, dari pada mendapatkannya hanya 2 kali dalam setahun yaitu pada tengah dan akhir tahun. Selain itu, teknologi pun sudah memungkinkan untuk setiap orang dapat dengan segera memberikan Sehingga apa yang baik dapat semakin meningkat dan apa yang kurang baik dapat segera diperbaiki. Itu semua tidak lagi membutuhkan waktu yang lama oleh karena berbagai aplikasi dapat memfasilitasinya.
  • Ekspektasi karyawan millennial juga berbeda. Mereka menginginkan makna dalam setiap pekerjaan mereka. Mereka juga ingin lebih diberdayakan dalam pengambilan keputusan sehari-hari dan selalu menginginkan adanya jenjang karir. Sehingga pengambilan keputusan yang kaku yang harus berdasarkan otoritas dari atas ke bawah serta adanya rantai komando yang baku kini dinilai sebagai konsep yang ketinggalan jaman. Kaum millennial menginginkan secara berkala bagaimana manager dapat mengembangkan dan membimbing mereka serta memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan.

Performance Management sudah Ketinggalan Jaman?

READ MORE

 

Ruth Berliana/VMN/BL/Partner in Management and Technology Services, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here