(Vibizmedia – Lensa) – Bicara soal Perancis, mungkin Paris lebih sering terdengar di telinga di Marseille. Tetapi, sebenarnya Marseille tak kalah indahnya. Pertemuan pertama saya dengan kota Marseille, cukup unik, dimana saya “disambut” oleh bau ikan yang tercium ketika berada di area kereta bawah tanahnya. Namun, bau ikan tersebut seperti terlupakan ketika saya memandang keindahan kotanya.

Sebenarnya, banyak sisi indah dari Marseille yang bisa diekspos, namun, jika diceritakan satu-persatu, tentu tak akan ada habisnya. Jadi, untuk Lensa Vibizmedia kali ini, saya hanya ceritakan satu keindahan saja, yaitu air laut Marseille yang sangat bening. Sebening apakah air lautnya? Simak disini :

Nah, ada hal yang menurut saya sangat menarik di Marseille, yaitu air lautnya yang bening bagaikan kristal. Bicara soal keindahan laut, Indonesia sebenarnya banyak lautnya yang juga sebening kristal. Namun, ada beberapa keindahan yang berbeda antara laut di Indonesia dan Perancis. Di Indonesia dasar lautnya penuh dengan karang dan ikan warna-warni, tapi air tak terlalu terasa beroksigen. Sedangkan, di Perancis, khususnya Marseille, airnya memang tak terlalu banyak ikannya, tapi airnya terasa dingin dan beroksigen. Intinya, itulah keadilan Tuhan yang membuat keindahan yang tak pernah persis sama di berbagai tempat.

Ah, ada lagi pemandangan yang bagi saya cukup menakjubkan di Marseille, dimana saya bisa melihat bunga yang bertumbuh di atas karang. Jujurnya, saya belum tahu jenis bunga itu. Tapi bagi saya, pemandangan tersebut sangatlah unik, yang mungkin tak ditemukan di pantai lainnya di dunia.

Nah, jika penasaran dengan air laut yang bening di Marseille, tak ada salahnya untuk mengunjungi Corniche Président John Fitzgerald Kennedy. Tempatnya begitu indah, air lautnya sangat bening, sampai bisa membuat mata Anda tak tahan untuk terus memandangnya.

Ingin berenang juga? Bisa! Tentu saja, ada lokasi dimana Anda bisa berenang dengan bebasnya, asal tentu saja tetap harus berhati-hati. Untuk menuju pantainya, memang Anda harus menuruni beberapa anak tangga. Perlengkapan juga harus Anda bawa sendiri, mengingat disana fasilitas umumnya tergolong minim.

Marseille memang menawan. Saya berani bilang, kalau Anda sudah melihat sendiri kota itu, pasti Anda bisa jatuh hati. Memang, masih banyak lagi tempat menarik disana, seperti Plage Des Catalan, pantai dengan sunset yang mewarnai langit, dan juga kulinernya yang begitu bervariasi. Dan, tentu saja keramahan penduduknya yang bisa mengagetkan Anda. Memang, keindahan Marseille, sulit untuk dilupakan.

Zefanya Jodie Sumbayak, MBA

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here