Alokasi Dana Kelurahan Tidak Mengurangi Dana Desa Pada APBN 2019

0
55

(Vibizmedia-Nasional) Alokasi Dana Kelurahan tidak akan mengurangi alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 untuk Dana Desa.

Demikian disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Sandjojo usai rapat terbatas Penganggaran Dana Desa dan Dana Kelurahan, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (2/11).

Eko menjelaskan bahwa dalam APBN 2019 anggaran Dana Desa mencapai Rp 70 triliun atau naik Rp 10 triliun dibanding tahun 2018. Sedangkan Dana Kelurahan yang mulai dibagikan tahun 2019 keseluruhannya mencapai Rp 3 triliun, di luar Dana Desa Rp 70 triliun, jadi Dana Desa tidak turun, tetap naik, ungkapnya.

Terkait penyaluran Dana Kelurahan, mekanismenya tidak dilakukan melalui Kementerian Desa PDTT tetapi melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Selain itu, Menteri Desa PDTT Eko Sandjojo sampaikan pada tahun-tahun awal yang lalu Dana Desa lebih banyak digunakan untuk membiayai pembangunan proyek infrastruktur di tingkat pedesaan, maka mulai 2019 mendatang, pemerintah akan mengarahkan untuk pembangunan pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan ekonomi.

Untuk itu, Kemendes PDTT bersama World Bank melakukan pendampingan melalui program inovasi desa sehingga masyarakat  di kumpulkan untuk supaya inovasinya keluar, bagaimana memanfaatkan Dana Desa untuk pemberdayaan masyarakat dan ekonomi, ungkap Eko.

Journalist: Rully

Editor: Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here