Carrefour Dan Media Penopang Utama Bursa Saham Eropa Sore Ini

0
25

(Vibizmedia – Index) – Bursa saham Eropa diperdagangkan sedikit lebih tinggi pada Kamis, pada pukul 08:37 GMT, indeks patokan Eropa-STOXX 600 naik 0,3 persen dimana indeks bursa di seluruh benua Eropa berada di wilayah positif.

Rilis hasil pertemuan the Fed baru-baru ini menunjukkan pembuat kebijakan Federal Reserve sebagian besar bersatu pada kebutuhan untuk menaikkan biaya pinjaman lebih lanjut meskipun pandangan Presiden Donald Trump bahwa kenaikan suku bunga sudah terlalu jauh.

Sementara itu, musim laba kuartal ketiga Eropa sedang menanjak naik setelah sebelumnya indeks mencapai terendah 22 bulan pekan lalu ketika kegelisahan atas naiknya imbal hasil obligasi AS dan kekhawatiran geopolitik mengguncang pasar global.

Operator supermarket Perancis Carrefour (CARR.PA) adalah pemenang teratas dalam perdagangan awal, naik 7,5 persen karena akselerasi penjualan di Perancis dan Brasil yang mengatasi kelemahan penjualan di Eropa Selatan.

Media .SXMP adalah sektor berkinerja terbaik, naik 1,7 persen, terangkat oleh France’s Publicis (PUBP.PA) yang mendapatkan kembali beberapa pijakan di kuartal ketiga dan melonjak 6,5 persen.

Sektor telekomunikasi. SXKP juga naik 1,1 persen dengan Swedia Tele2 (TEL2b.ST), mengangkat panduannya setelah hasil yang lebih baik dari perkiraan dan naik 5,7 persen.

Novartis (NOVN.S) naik 2,1 persen setelah mengumumkan akan mengakuisisi pembuat obat kanker asal AS Endocyte (ECYT.O) senilai $ 2,1 miliar dalam bentuk tunai seiring produsen obat Swiss memperluas bisnis radiofarmasi.

Namun berita yang mengecewakan datang dari HeidelbergCement (HEIG.DE), salah satu pembuat semen terbesar di dunia, jatuh mendekati 10 persen karena memangkas panduan labanya untuk 2018, dengan alasan cuaca buruk di Amerika Serikat dan inflasi biaya energi yang lebih tinggi dari perkiraan .

Demikian juga dengan pembuat semen Eropa lainnya seperti Buzzi Unicem (BZU.MI) jatuh 5,9 persen, LafargeHolcim (LHN.S) 4,3 persen dan CRH (CRH.I) turun 4,2 persen.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here