Bersalaman Dengan Presiden Jokowi, Mimpi Sutopo Pemberi Informasi BNPB Menjadi Kenyataan

0
74

(Vibizmedia-Bogor) Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mimpinya menjadi kenyataan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/10).

Mimpi bertemu dan bersalaman langsung dengan Jokowi sudah sejak lama dinantikan Sutopo. Bahkan, beberapa kali dia berupaya bersalaman di lokasi bencana, tapi gagal karena pengamanan Paspampres.

Pekerjaannya sehari-hari adalah mencari data pasca gempa serta menyebarkan informasi, dilakukannya semaksimal mungkin walau kini dirinya tengah berjuang melawan kanker paru stadium 4B.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Joko Widodo sempat memberi apresiasi kepada Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. Jokowi menilai Sutopo merupakan sosok yang berdedikasi dan menginspirasi.

Jokowi mengatakan selama 8 tahun terakhir ini, Sutopo selalu terdepan dalam memberi informasi terkait bencana yang terjadi di Indonesia. Informasi dan data yang disampaikan juga selalu diperbarui.

Saya melihat setiap ada bencana, baik yang berkaitan dengan gempa, berkaitan dengan longsor, yang berkaitan dengan tsunami, berkaitan dengan kebakaran, Pak Sutopo ini selalu tampil menginformasikan dengan cepat, penjelasannya juga gamblang dan gampang diterima oleh masyarakat, ungkap Jokowi.

Hal itu disampaikan Jokowi usai dirinya bertemu dengan Sutopo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/10). Dan informasi-informasi itu disampaikan tidak sekali, sehari bisa dua kali, tiga kali, empat kali, sehingga informasi-informasi yang ada di lapangan selalu gamblang dan jelas, jelas Jokowi.

Jokowi mengatakan dirinya sangat menghargai dedikasi Sutopo dalam bekerja. Apalagi, Sutopo tetap melayani berbagai pertanyaan meski tengah mengidap kanker stadium empat.

Saya sangat menghargai sekali dedikasi Pak Sutopo terutama dalam hal menginformasikan bencana-bencana yang ada. Dan saya tadi juga baru tahu diberi tahu mengenai kondisi beliau dan itu sangat memberikan sebuah penghargaan, kepada sebuah pekerjaan, dedikasi, sebuah pekerjaan yang luar biasa, terangnya.

Jokowi menilai dedikasi Sutopo memberi inspirasi. Meski dalam kondisi sakit tetapi tetap melakukan pekerjaan dengan baik.

Menurutnya, pribadi dan kegigihan Sutopo sangat menginspirasi kita semuanya bahwa dalam kondisi beliau yang sakit tetap masih mendedikasikan semangatnya untuk pekerjaan yang digelutinya dalam sekian tahun ini.

 

 

Journalist: Rully

Editor: Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here