Berkat Medsos, Nasib Tunawisma Ini Berubah Drastis!

0
340

(Vibizmedia – Column) – Media social atau medsos, kini memang bisa menjadi hal yang menjembatani segala hal. Bahkan, termasuk mengubah nasib seorang homeless atau tunawisma di California, Amerika Serikat menjadi seorang pegawai perusahaan IT ternama di dunia.

David Casarez, lulusan Texas A&M University, memang berniat untuk mengejar mimpinya di Silicon Valley, tempat dimana para IT profesional berkumpul. Namun, jalannya tak mulus begitu saja. Ia hanya diterima menjadi freelance atau tenaga lepasan di salah satu perusahaan yang ada disana. Sulitnya mencari pekerjaan membuatnya menjadi homeless atau tunawisma, yang hanya sanggup tinggal di taman dan tidur dengan beratapkan langit.

Namun, ia tak menyerah begitu saja. Tanpa rasa malu, ia berdiri di pinggir jalan, dan memegang tulisan “Homeless Hungry 4 Success Take A Resume”, yang berarti tunawisma haus akan kesuksesan, ambillah resume (curriculum vitae-red) saya.

Tentu saja, hal itu menarik perhatian Justine Scofield, seorang wanita yang aktif menggunakan medsos Twitter dengan nama @jaysc0. Dengan kebaikan hatinya, ia berbicara dengan David Casarez, dan mengambil fotonya serta foto curriculum vitae (CV) lengkapnya, dan membuat posting Twitter yang menjadi viral serta mengubah hidup David Casarez.

Nah, mungkin Anda penasaran, bagaimanakah posting yang mengubah hidup Casarez? Ini dia posting tersebut :

Dan, inilah hebatnya medsos. Dalam waktu kurang dari 24 jam, twitter @jaysc0 langsung dibanjiri likes sebanyak 77,000 dan juga 55,000 retweets. Luar biasa, bukan?

Tentu saja, hal itu tidak berhenti sampai disitu saja. Respon pun mengalir di twitter @jaysc0. Tawaran pekerjaan untuk David Casarez kian melimpah, hingga mencapai kurang lebih 200 penawaran, termasuk di dalamnya perusahaan ternama, seperti Google, Netflix, dan Pandora.

Nah, itulah kisah inspiratif bagaimana medsos dapat mengubah nasib seseorang. Dari seseorang yang sulit mendapatkan pekerjaan tetap, hingga dibanjiri ratusan tawaran pekerjaan.

Ada beberapa hal yang bisa kita pelajari dari kisah inspiratif David Casarez ini :

  • Media sosial (medsos) memang merupakan jembatan untuk berbagai sektor, mulai dari marketing, service, bahkan human resources, seperti yang terjadi pada David Casarez ini.

Zaman sekarang, tak mungkin Anda tak menggunakan media sosial (medsos). Jangan katakan bahwa Anda tak membutuhkan media sosial dalam divisi apa. Sekarang, saya mau bertanya, divisi apa yang tak butuh media sosial?

Divisi marketing, jelas sangat membutuhkan untuk promosi produk atau jasa Anda. Divisi service, tentu saja Anda butuh social media untuk mengiklankan bagaimana baiknya service dari perusahaan jasa yang Anda kelola. Divisi human resources, hal itu sudah jelas seperti kisah David Casarez ini. Divisi IT, tentu tak perlu dijelaskan panjang lebar lagi, sudah pasti sangat membutuhkan medsos. Jadi, tak ada alasan kan, untuk menjelaskan bahwa medsos sangatlah penting untuk menjadi jembatan di berbagai divisi dan bidang usaha masa kini.

  • Pentingnya kreativitas dan pemikiran out of the box dalam segala bidang

Tak heran jika David Casarez kebanjiran tawaran pekerjaan. Memang Jasmine Scofield sangat berjasa lewat twitternya. Tapi, tahukah Anda, apa yang dilakukan oleh David Casarez  merupakan pemikiran yang out of the box, dimana ia tanpa rasa malu, berdiri di pinggir jalan dan menunggu kesempatan datang. Hal seperti itu, belum tentu berani dilakukan orang lain yang mencari pekerjaan.

Dan, bagi perekrut karyawan, sebenarnya wajar saja jika ia merekrut David Casarez. Mengapa? Karena perilakunya yang out of the box merupakan tindakan yang berani. Dalam merekrut karyawan, memang dibutuhkan juga orang yang pemberani. Alasannya, tentu saja karena orang pemberani, adalah orang yang akan sanggup memberikan ide-ide kreatif bagi perusahaan dalam jangka panjangnya.

  • Media sosial memang sarana yang ampuh, tapi perlu ketekunan dalam proses maintaining dan eksekusinya.

Kalau yang ini, tentunya kita menghargai akan apa yang dilakukan Jasmine Scofield. Jika Anda menelusuri twitternya, tentu terlihat bahwa ia juga aktif merespon orang yang ingin menawarkan pekerjaan pada David Casarez.

Hal itulah, yang harus kita lakukan jika melakukan komunikasi dengan medsos, terutama yang berhubungan dengan bisnis. Kita harus rajin melakukan posting, melakukan test market dengan menggunakan medsos, dan juga hal-hal lainnya dengan konsisten.

Well, itulah kisah inspiratif yang menunjukkan bahwa medsos bisa memberikan pengaruh positif untuk berbagai hal. Medsos dan pemikiran yang kreatif dan out of the box, memang merupakan perpaduan yang bisa melahirkan sebuah kesuksesan, dan tentunya, memberikan hasil yang tak terduga!

Zefanya Jodie, MBA/Editor In Chief Vibizmedia.com

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here