Ingin Populer di Dunia Online? Wajib Tahu Dulu Fakta Ini!

0
90

(Vibizmedia – Column) – Saat ini, pasti kita sudah familiar dengan namanya social media. Hampir semua orang, kini menggunakan social media, mulai dari tujuan untuk dokumentasi pribadi dirinya dan mencari pertemanan pribadi, bisnis, dan tujuan lainnya. Namun, hampir di semua social media yang ada, pastinya mereka tak lepas dari profil diri dengan berbagai gaya, dan juga berbagai foto dan video dengan kualitas gambar yang tajam dan menarik.

Kalau dipikir, apa tujuan dari semua itu? Saat ini, popularitas seseorang sangat dipengaruhi oleh dunia online, termasuk di dalamnya social media. Contohnya saja, saat ini, meskipun seseorang itu berpenampilan cantik atau ganteng, tapi kalau followers di social media miliknya kurang banyak, maka orang itu pasti dianggap kurang meyakinkan.

Nah, yang diatas itu, hanya contoh kecil saja. Tapi, ada suatu fakta menarik, bahwa kepopuleran seseorang atau sebuah media online, pastinya tak lepas dari beberapa faktor ini. Apa sajakah itu?

  • Hanya fokus pada 1 diantara 6 hal, antara lain :
  1. Fokus pada keagamaan

Biasanya, hal ini menyangkut kegiatan dan organisasi keagamaan.

2. Fokus pada diri sendiri

Sudah tak asing lagi saat ini, bahwa orang sangat suka mengeksplorasi kehidupan pribadinya di social media maupun media online lainnya. Mulai dari barang yang dimilikinya, cara ia membereskan rumah, atau bahkan kehidupan sehari-hari maupun kehidupan rumah tangganya. Biasanya, orang tersebut terkenal dengan berbagai istilah, seperti “Youtubers”, atau “Instagram Artist”, dan bisa juga dikatakan social media influencer. Memang sih, tentunya bagi kehidupan orang itu secara pribadi, hal itu cukup merepotkan, karena benar-benar ia akan “dituntut” untuk menaikkan foto, vlog, atau “update” lain tentang dirinya.

Suka tak suka, memang itulah kenyataannya, karena para netizen pasti mengharapkan untuk mendapatkan informasi sesering mungkin tentang keseharian sang artis online. Informasinya, ya mulai dari yang penting sampai yang tak penting. Tapi, makin sang artis online membuka tentang kehidupan pribadinya dalam vlog maupun media social lain, biasanya akan makin banyak netizen yang menjadi penggemarnya.

3. Eksplorasi lifestyle (travel, makanan, makeup, fashion, dan lainnya).

Biasanya hal ini, lebih terfokus pada hal yang menjadi interest atau kesukaan orang itu sendiri juga. Misalnya, jika ia menyukai travelling, disitulah ia mengeksplorasi semua kehidupannya sebagai traveller, mulai dari foto-fotonya di tempat ia berwisata, sampai beberapa produk dan perlengkapan yang ia gunakan selama travelling.

Lain lagi jika sang artis online adalah makeup artist. Biasanya, hampir seluruh posting social media miliknya berisi portfolio miliknya. Dan, jika ebih kreatif lagi, ia bisa membuat variasi posting miliknya dengan beragam tutorial, atau review produk kosmetik terbaru. Ada lagi kreativitas yang lebih lagi, dimana ia bahkan bisa membuat kosmetik sendiri dengan brand nama pribadinya. Menarik, bukan?

Nah, ada juga artis online yang terkenal karena ia rajin membahas dan membuat review makanan. Entah makanan itu dimasak sendiri, atau bisa juga ia melakukan review berbagai rumah makan, mulai dari restoran mewah sampai kaki lima.

4. Kepentingan politik

Biasanya, hal ini dilakukan untuk kampanye politik seseorang, mulai dari Presiden, bahkan sampai Calon Legislatif. Isi dari social media tersebut, biasanya akan membahas program yang akan mereka jalankan jika terpilih, dan juga kegiatan mereka selama berkampanye. Dan, ketika terpilih, tentunya social media milik mereka pastinya tetap harus aktif untuk menjadi sarana sosialisasi dengan masyarakat.

5. Hal yang bersifat ringan dan lucu

Sudah bukan rahasia umum lagi, kalau hal yang bersifat lawakan, sudah pasti laris di social media dengan followers yang berlimpah. Mengapa? Karena kebutuhan akan hal yang lucu, adalah hal yang pasti diinginkan netizen. Karena itu, tak heran kalau account social media yang sifatnya jenaka, maupun artikel lucu yang ada di media online manapun, pasti laris dikunjungi netizen.

6. Konseling

Banyak orang, yang ketika mengalami masalah, lebih suka menceritakan kepada orang yang tak dikenalnya di social media. Karena itu, biasanya account social media yang bersifat layanan konseling, biasanya menjadi salah satu sasaran yang dikunjungi netizen yang ingin menceritakan problem yang dihadapinya.

Nah, jika ingin populer di dunia online, tentunya harus mencakup paling tidak 1 diantara 6 hal diatas. Jika tidak mengandung 1 diantara 6 hal itu, ada kemungkinan bahwa Anda akan tersisih di persaingan dunia online.

  • Didukung oleh foto atau video yang menarik

Ingin populer di social media, tentunya tak akan lepas dari foto atau video menarik yang harus ditampilkan. Tentunya, kemampuan mengambil gambar, atau mengedit video sudah pasti menjadi hal yang wajib.

  • Aktif menjawab respon atau pertanyaan netizen

Ingin populer di dunia online, tentu harus juga rajin merespon pertanyaan dari netizen yang suka bertanya melalui direct message di social media sang artis online. Percaya tak percaya, itulah salah satu cara untuk mendapatkan popularitas di dunia maya.

  • Memiliki unique value proposition dibandingkan dengan kompetitor

Ingin populer di dunia maya, tentunya harus punya keunikan sendiri dibandingkan pesaing yang menampilkan profil yang mirip. Apapun keunikannya, hal itu haruslah menjadi hal yang diingat oleh netizen. Misalnya, jika seseorang adalah makeup artist, dia harus punya keunikan dan keunggulan dalam penyajiannya, entah dia punya tutorial dengan style yang berbeda, atau apapun keunikan lainnya, yang membuat netizen selalu memandang social media sang makeup artist tersebut. Begitu pula, dengan profesi lainnya yang memanfaatkan dunia maya untuk kepopuleran mereka. Tentunya, harus bisa menemukan apa sisi unik dalam diri mereka, yang tak ditemukan dari artis online lainnya yang memiliki bidang profesi yang sama.

Setelah pembahasan panjang lebar, sepertinya kita sudah menangkap beberapa hal penting yang wajib diketahui jika ingin populer di dunia online, baik itu social media, maupun media online dan lainnya. Tapi, ada hal lain yang harus diingat, yaitu ketika Anda ingin populer di dunia maya, Anda juga harus siap untuk kehilangan privasi. Mengapa? Karena, kehidupan Anda itulah yang diincar oleh netizen untuk dicari tahu. Well, itulah dinamika kehidupan dunia maya. Salam semangat!

 Zefanya Jodie, MBA/Editor In Chief Vibizmedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here