Lensa NTT: Megah dan Indahnya Bendungan Raknamo di Kupang

0
746
Bendungan Raknamo NTT, di Desa Raknamo Kecamatan Amabi Oefeto. (Photo: Nilo/ VM)

(Lensa Vibizmedia – NTT) Bendungan Raknamo yang kini sudah selesai dibangun dan telah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 9 Januari 2018 ini, selain berdaya guna sebagai infrastruktur daerah juga menjadi alternatif wisata bagi warga Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) maupun wisatawan Nusantara. Bendungan Raknamo terletak di Desa Raknamo, Kecamatan Amabi Oefeto Kabupaten Kupang, NTT.

Bendungan ini dikerjakan Oleh PT Waskita Karya (Persero) dan merupakan bendungan pertama selesai dari 49 Bendungan yang sedang dan akan dibangun pemerintah Jokowi, ada 4 bendungan diantaranya akan dibangun di NTT.

Bendungan Raknamo NTT, di Desa Raknamo Kecamatan Amabi Oefeto, dilengkapi dengan taman. (Photo: Nilo/VM)

Bangunan bendungan Raknamo yang megah dan indah ini diperkirakan senilai Rp 720 miliar. Arsitektur bangunan menggunakan arsitektur ciri khas Kupang, NTT. Di sekitar bendungan juga dibangun taman dengan tumbuh-tumbuhan berbunga serta tempat bersantai sehingga  mendukung untuk menjadi destinasi wisata keluarga.

Bendungan Raknamo NTT, di Desa Raknamo Kecamatan Amabi Oefeto, berkapasitas 16 juta meter kubik air. (Photo: Nilo/ VM)

Bendungan Raknamo ini memiliki kapasitas sebanyak 16 juta meter kubik air. Bendungan ini juga menyediakan air baku 100 liter per detik dan mampu mengairi lahan seluas 1.250 hektar. Kemampuan bendungan ini untuk menghasilkan listrik adalah dengan kapasitas 0,22 megawatt (MW).

Bendungan Raknamo NTT, di Desa Raknamo Kecamatan Amabi Oefeto. Dibangun hanya dalam tempo sekitar 3 tahun . (Photo: Nilo/ VM)

Presiden Jokowi mengapresiasi pembangunan bendungan ini karena semula direncanakan selesaidalam 4 tahun ternyata dapat dipercepat menjadi 3 tahun. Kontrak pembangunan Bendungan Raknamo dilakukan pada Desember 2014 dan ditargetkan selesai Februari 2019. Namun, berhasil diselesaikan 13 bulan lebih cepat dari target.

Pembangunan Bendungan Raknamo ini bisa lebih cepat dikarenakan seluruh masyarakat dan pemerintah daerah sangat mendukung. Masyarakat sekitar sangat mengharapkan bendungan ini cepat berfungsi.

Mytri/Journalist/VM
Editor : Emy Trimahanani
Photo: Nilo/ Vibizmedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here