“Keluarga Kuat”, “Negara Kuat”

0
384

Yohana Yembise : Semua tergantung dari orangtuanya saja, keluarganya yang menentukan. Semuanya keluarga ini merupakan unit kecil yang terbentuk dengan tanggung jawab yang besar. Untuk melihat anak – anak dan mengawasi. Tidak mungkin anak – anak itu ada tanpa keluarga karena pasti suami istri punya anak dan tanggung jawab. Suami istri tanggung jawab memperhatikan anak dan harus bisa melihat apa cita – cita anak itu. Harus bisa memikirkan kira-kira cita-cita anak – anak itu seperti apa? Yang utama adalah anak – anak itu harus mengikuti pendidikan, pendidikan merupakan faktor utama yang harus dicapai oleh kaum perempuan, karena kalau pendidikan itu bagus sangat membuka wawasan untuk mencapai yang terbaik demi masa depan mereka. Itulah yang menjadi salah satu parameter perempuan bisa mengecap pendidikan, dengan ijasah SMA sangat bagus sekali.

Vibizmedia : Wawasannya juga bertambah dengan pola pikir yang berbeda.

Yohana Yembise : harus dikawal oleh para orangtua, walaupun latar belakang keluarga rentan, namun sekarang kan sudah ada perhatian pemerintah, bahwa pendidikan anak itu kan gratis, karena sudah ada Kartu Indonesia Pintar, jadi orangtua itu harus memberi kesempatan kepada anak, harus bisa bersekolah.

Vibizmedia : Seperti saya baca di gedung kementerian ibu saya baca dipilar bahwa untuk menangani human trafficking ?

Yohana Yembise : Kalau keluarga kuat pasti negara ini kuat. Keluarga-keluarga hancur, pasti anak-anak hancur, negara ini juga akan hancur. Semua mulai dari keluarga. Banyak kasus dimana-mana anak berhadapan dengan hukum, akhirnya masuk penjara, dan kekerasan dimana-mana itu akibat keluarga, bullying disekolah-sekolah juga terjadi akibat kekerasan mungkin dalam keluarga masih tinggi, orangtua masih berkelahi terus, kekerasan fisik masih terjadi terus, lingkungan-lingkungan juga kekerasan masih terjadi, dan mungkin perilaku anak masih nonton yang keras-keras, bisa saja terjadi disekolah, dimana saja

Vibizmedia : Memang orangtua tugasnya untuk mengajari anak?

Yohana Yembise : Orangtua harus memberikan model, supaya tidak melakukan kekerasan apapun terhadap anak, guru juga memberikan contoh, jangan melakukan kekerasan dalam segala bentuk, supaya kita bisa putuskan mata rantai kekerasan.

Ikuti episode berikutnya dalam wawancara Khusus dengan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise dalam topik : “Pemerintah Targetkan 2030, Indonesia Menjadi Negara Layak Anak”

 

Journalist : Rully

Editor : Zefanya Jodie Sumbayak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here