Terapkan Industri 4.0, Harapan Pemerintah Ekonomi Indonesia 2030 Masuk 10 Besar Dunia

0
146

(Vibizmedia – Jakarta) Indonesia memiliki peta jalan atau roadmap mengenai strategi Indonesia dalam implementasi memasuki Industri 4.0.

Dalam peluncuran “Making Indonesia 4.0″ di Cendrawasih Hall, Jakarta Convention Center, Rabu (4/4), Presiden sampaikan bahwa dirinya percaya revolusi Industri 4.0 justru akan melahirkan jauh lebih banyak lapangan kerja baru daripada jumlah lapangan kerja yang hilang.

Ini berarti revolusi Industri 4.0 sebuah peluang besar, untuk secara bersama mempersiapkan, merencanakan serta merencanakannya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi sangat mengapresiasi Kementerian Perindustrian yang dengan sangat sigap dan serius mempersiapkan road map implementasi Industri 4.0 di Indonesia, yang nantinya akan lebih dikenal dengan Making Indonesia 4.0.

Program yang dapat membuat, membangun serta mewujudkan pembangunan industri juga merevitalisasi industri.

Pemerintah berharap lewat implementasi Industri 4.0 Indonesia dapat mencapai top 10 ekonomi global pada tahun 2030, melalui peningkatan angka ekspor netto kita kembali ke 10% dari PDB dan peningkatan produktivitas dengan adopsi teknologi dan inovasi serta mewujudkan pembukaan 10 juta lapangan kerja di tahun 2030, terang Presiden Jokowi.

Sebagai langkah awal Making Indonesia 4.0 ini, akan difokuskan pada 5 industri yaitu makanan dan minuman, tekstil, otomotif, elektronik dan kimia.

Kelima industri itu dinilai Presiden merupakan tulang punggung dan diharapkan membawa efek ungkit yang besar dalam hal daya saing dan kontribusinya terhadap ekonomi Indonesia menuju 10 besar ekonomi dunia di 2030.

Dalam pembukaan ini, Presiden juga menetapkan Making Indonesia 4.0 sebagai salah satu agenda nasional bangsa Indonesia dan Kementerian Perindustrian akan menjadi Leading Sector.

Untuk itu, dirinya meminta pada kementerian dan lembaga lainnya, pemerintah daerah dan pelaku-pelaku usaha untuk mendukung penuh program ini sesuai dengan tugas dan fungsi 6 kesuksesan dan kemajuan bangsa ini.

Journalist : Rully

Editor : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here