(Vibizmedia – Lensa) – Sebagai seorang konsultan service excellence yang suka menyelidiki budaya suatu negara, mempelajari kebiasaan suatu bangsa merupakan hal yang menyenangkan bagi saya. Salah satu budaya yang suka saya pelajari adalah budaya dan kebiasaan dari orang Amerika Serikat. Mulai dari cara mereka berbicara, tempat belanja mereka, dan berbagai kebiasaan lainnya yang terkadang orang lain belum ketahui.

Sebelumnya, saya pernah menulis mengenai kebiasaan orang Amerika yang suka berpindah rumah dan berbelanja barang bekas dalam kolom “Belanja Barang Amal, Salah Satu Daya Tarik dan Kebiasaan Unik di Amerika Serikat”. Selain itu, ada juga tulisan saya mengenai budaya service excellence khas State bagian Selatan di Amerika Serikat yang dikenal dengan nama Southern Hospitality, dalam kolom yang berjudul “Southern Hospitality”, Budaya Service Excellence Khas Amerika.

Kali ini, saya akan membuat tulisan ringan yang disertai beberapa foto dalam Lensa Vibizmedia, mengenai Lowe’s Home Improvement,  tempat yang biasa dikunjungi orang Amerika Serikat untuk berbelanja kelengkapan untuk perkebunan dan juga peralatan rumah tangga mereka. Kali ini, saya mengunjungi Lowe’s Home Improvement yang berada di Denver, North Carolina.

Pada umumnya, di State atau negara bagian North Carolina, masyarakat tergolong senang untuk berkebun. Tak semua memang, tapi bisa dikatakan jumlah orang yang suka berkebun tidaklah sedikit. Karena itulah, pengunjung pasti akan selalu terlihat di Garden Center yang ada di Lowe’s Home Improvement.

Ketika saya terakhir mengunjungi Garden Center tersebut, umumnya yang berbelanja disana adalah keluarga, mulai dari ayah, ibu dan anak-anaknya yang masih kecil. Dengan santai, anaknya duduk di kereta belanja berbentuk mobil yang disediakan toko, atau bahkan tanpa rasa takut, anak lainnya terlihat berdiri di kereta belanja biasa yang dibawa oleh orangtuanya.

Garden Center yang berada di Lowe’s Home Improvement, memang bisa dikatakan menyediakan kebutuhan untuk perkebunan yang cukup lengkap. Berbagai jenis bunga, bisa Anda temukan disana. Bahkan, peralatan perkebunan, mulai dari sarung tangan untuk berkebun, pupuk, dan batu untuk menghias taman pun ada. Tak heran, banyak orang yang senang berkebun, pastinya akan mengunjungi Garden Center di Lowe’s Home Improvement untuk membeli bunga dan perlengkapan perkebunan mereka.

Kalau Anda bertanya soal harga bunga disana, tentu saja jangan samakan bunga di Lowe’s dengan bunga yang ada di Indonesia. Menurut saya, harga bunga di Indonesia rata-rata relatif lebih murah.

Bagi orang Amerika yang mencari bunga yang murah di Garden Center tersebut, tentu saja tetap ada. Tapi, tentu saja harus dicari di tempat yang bertuliskan Reduced. Biasanya, bunga yang dijual di deretan Reduced pasti dijual dengan harga yang sangat murah, seperti yang terlihat di foto diatas ini. Namun, soal kualitas dan keindahan bunganya, pastinya sudah menurun. Tetapi, semuanya tentu sesuai harga, kan?

Nah, ketiga foto diatas, tentunya memperlihatkan isi dari toko Lowe’s Home Improvement yang menyediakan barang-barang peralatan rumah tangga yang bisa dikatakan cukup lengkap. Mulai dari perlengkapan listrik, pengecatan, serta alat-alat mekanik yang biasa digunakan di rumah tangga. Pada umumnya, orang Amerika terbiasa untuk melakukan semuanya sendiri, mulai dari mengecat, mengebor tembok dan memasang tirai rumah, bahkan pekerjaan pembenahan rumah lainnya.

Sudah sangat terkenal, bahwa para bapak di Amerika sangat suka melengkapi tools atau peralatan pertukangan untuk rumah mereka dan memajangnya di suatu tempat. Percaya atau tidak, bagi para pria Amerika, semua tools atau peralatan pertukangan tersebut adalah salah satu kebanggaan mereka di depan orang lain.

Nah, itulah sekilas yang bisa saya ceritakan tentang tempat favorit bagi orang Amerika untuk berbelanja perlengkapan perkebunan dan peralatan rumah tangga. Lowe’s Home Improvement, memang cukup besar jika Anda masuk ke dalamnya. Dikatakan menarik, mungkin tak berbeda dengan toko bangunan pada umumnya. Namun, paling tidak, mengunjunginya merupakan pengalaman menarik bagi saya untuk mengetahui kebiasaan berbelanja  perlengkapan perkebunan dan rumah tangga orang Amerika pada umumnya.

Zefanya Jodie Sumbayak, MBA/Editor In Chief Vibizmedia.com

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here