Manage Your Daily Stress

0
223

(Business Lounge Journal – Medicine)

Terlalu sibuk bekerja sampai tidak ada waktu untuk beranjak dari tempat duduk untuk sekedar pergi makan siang bersama teman kantor, selalu makan di tempat, dan hampir dapat dipastikan tidak dapat pulang tepat waktu, merupakan hal-hal yang perlu diwaspadai. Mungkin deadline telah mengubah pola hidup Anda. Hati-hati, Anda bisa menjadi terlalu stress lho.  Jika Anda tidak mengatur waktu untuk bersantai, maka kesehatan mental dan fisik Anda bisa terganggu.

Stresskah Anda?

Stress terjadi ketika Anda melihat bahwa tuntutan mengejar Anda, misalnya pekerjaan, target  bisnis, atau mungkin suatu hubungan dengan orang lain. Semua itu melebihi kemampuan Anda untuk mengatasinya. Kalau ada orang mengatakan stress menempa kita menjadi lebih kuat, maka itu benar bahwa beberapa stress dapat bermanfaat pada saat-saat tertentu, menghasilkan dorongan yang memotivasi dan energi untuk membantu kita melewati situasi tertentu. Bila melewatinya rasanya seperti lulus ujian.

Namun, sejumlah besar stress dapat memiliki konsekuensi kesehatan yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, kardiovaskular dan neuroendokrin, serta saraf pusat, dan dapat mengalami kondisi emosional yang parah. Bahkan bila berlarut-larut, maka stress dapat menjadi  kronis. Bila  tidak diobati dapat mengakibatkan kondisi kesehatan yang serius seperti gangguan kecemasan, tidak bisa tidur (insomnia), nyeri otot, tekanan darah tinggi, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Penelitian menunjukkan bahwa stress dapat berkontribusi pada berkembangnya penyakit jantung, depresi, dan obesitas.

Read More

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here