Harvard University: Instagram Feed – clues to your mental health

0
340

(Business Lounge Journal – Culture)

Ada peribahasa yang mengatakan bahwa sebuah gambar berbicara lebih banyak dari ribuan kata, namun demikian gambar Instagram Anda dapat berbicara mengenai kesehatan mental Anda, jauh lebih banyak dari pada yang Anda kira.

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Harvard University dan University of Vermont, menemukan bahwa foto Instagram dapat menjadi indikator apakah penggunanya sedang mengalami depresi. Penelitian ini melibatkan 166 pengguna Instagram, dengan 43,950 foto yang dianalisa. Para ilmuwan dari Harvard University dan University of Vermont ini meminta relawan, yang direkrut dari Amazon, untuk berbagi umpan Instagram mereka serta riwayat kesehatan mental mereka. Diketahui bahwa hampir setengah di antaranya mengalami depresi klinis dalam tiga tahun sebelumnya.

Mereka kemudian menganalisis foto-foto ini, menggunakan wawasan dari penelitian psikologis sebelumnya tentang preferensi orang terhadap kecerahan, warna, dan bayangan. Peneliti menciptakan sebuah algoritma komputer yang digunakan untuk mendeteksi depresi pada foto yang diunggah ke media sosial, dan mereka mengatakan bahwa alat tersebut memiliki tingkat ketepatan sebesar 70 persen.

READ MORE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here