Coaching & Counselling fot Boosting Millennial’s Perfomance

0
329

(Business Lounge Journal – Human Resources)

Mengapa HRD perlu sekali melakukan coaching dan counselling bukan hanya mengelola tim saja? Karena langkah ini membantu HRD dan perusahaan dalam mengembangkan karyawan yang berpotensi dan meningkatkan performance kerja mereka yang berujung pada kinerja divisi juga perusahaan secara keseluruhan.
Coaching dan counselling merupakan kunci utama dalam meningkatkan engagement karyawan pada organisasi, apalagi bagi pekerja generasi millennial yang sangat potensil untuk dikembangkan dan dipicu untuk menghasilkan ide-ide kreatif yang menakjubkan jika kita dapat membantu mereka menggalinya dan memanfaatkan kelebihan mereka bagi pencapaian target perusahaan. Coaching dan counselling menjadi pendekatan yang efektif untuk mengembangkan sekaligus mengidentifikasi kebutuhan karyawan tersebut untuk lebih produktif.
Dari pengalaman penulis, beberapa kalangan HRD senior mengeluhkan betapa sulitnya mencari karyawan yang kreatif. Bahkan karyawan-karyawan yang baru di-recruit sepertinya hanya terbiasa berfikir dengan satu cara saja. Padahal manajemen menuntut, maunya mereka yang diharapkan berfikir kreatif, think outside the box, break the rules, change the paradigm. Tetapi justru sebagian dari mereka hampir sama dengan generasi sebelumnya yang hanya berfikir dengan satu cara dan akibatnya ide-idenya, ya itu-itu saja. Belum lagi jika dihadapkan dengan kenyataan bahwa memang anak-anak Indonesia masih banyak yang cenderung kurang kreatif dibandingkan anak-anak lain. Ini hanya pendapat beberapa HRD senior. Di sisi lain, tidak sedikit perusahaan justru memenjarakan kreatifitas karyawan mereka, hanya karena tidak suka disaingi atau dengan atau tanpa alasan menolak adanya perubahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here