Sisa 6 Bulan, Pemerintah Intensifkan Persiapan Asian Games

0
109

(Vibizmedia-Jakarta) Sebagai tuan rumah Asian Games XVIII atau pesta olahraga negara-negara Asian, sisa waktu hanya tersisa 6 bulan lagi untuk mempersiapkan 100%.

Dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Selasa (6/3), dirinya menyampaikan sisa waktu yang kita punyai tinggal 6 bulan. Sebagai tuan rumah saya kira kita memang harus segera siap 100%, jelasnya.

Presiden menekankan mengenai pembangunan venue. Ia minta laporan, berapa venue yang sudah selesai dan berapa yang masih dalam proses konstruksi, dan berapa yang masih lelang atau yang dalam proses sewa.  Demikian juga untuk Wisma Atlet, Presiden meminta laporan yang sudah selesai berapa dan masih kurang berapa.

Dalam hal kesiapan teknis pelaksanaan, Presiden Jokowi minta disusun secara rinci, secara detail teknis pelaksanaan mulai dari pembukaan, kemudian pertandingan dan hingga sampai di penutupan.

Persiapan teknis ini bukan hanya kegiatan yang sifatnya seremonial, tetapi juga pengaturan lalu lintas, akomodasi dan konsumsi, pergerakan pada atlet/ official, kesiapan tenaga-tenaga pendukung. Saya kira ini harus betul-betul di lapangan dilihat secara detil. Jangan sampai ada yang tercecer satupun, ungkap Presiden.

Yang menjadi catatan dalam persiapan menuju Asian Games 2018 adalah bukan sekedar ingin sukses menjadi tuan rumah, tetapi juga persiapan atlet agar sukses dalam prestasi.

Disamping itu, aebagai tuan rumah, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi berharap atlet-atlet Indonesia pada Asian Games XVIII Tahun 2018, Agustus mendatang, bisa mencapai prestasi 10 besar.

Untuk mencapai target tersebut, menurut Menpora, pemerintah tidak henti-hentinya bekerja sama dengan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia), dengan pimpinan cabang olahraga, dengan KOI (Komite Olimpiade Indonesia) agar Pelatnas (Pemusatan Latihan Nasional) yang sekarang sedang berlangsung maupun try out dan bahkan ada yang training camp tidak ada lagi hambatan-hambatan administratif maupun soal-soal teknis.

Terkait pembiayaan sepenuhnya diserahkan kepada pimpinan cabang olahraga dan pada saatnya kita akan terus memantau dan mengevaluasi perkembangan optimisme dari target perolehan medali, jelas Imam.

Terkait keraguan penyelesaian pembangunan venue yang akan digunakan untuk Asian Games 2018, Ketua Indonesian Asian Games Organizing Committee (Inasgoc) Erick Tohir  menyampaikan bahwa persiapan berjalan dengan baik dan tentu kami dari panitia juga kerja keras, dan mestinya event-event ini bisa berjalan dengan lancar, ungkap Erick.

Sedangkan mengenai isu transportasi, Erick meyakini nanti ada jalan keluar langsung dari pemerintah. Pak Gubernur (Sumsel), Pak Anis sudah ada salah satu solusi, Pemerintah Pusat juga ada salah satu solusi, nanti bisa ditanyakan langsung, jelasnya.

Ditambah lagi, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan dari 13 cabang olahraga yang menjadi tanggung jawab Sumatra Selatan-Palembang, delapan sudah test event dan hasilnya bagus.

Pihaknya juga akan menyiapkan golf car untuk atlet yang membawa peralatan dari atlet villages ke venue masing-masing, terang Alex

 

Journalist: Rully
Editor: Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here