Presiden Jokowi Bagikan 15.000 Sertipikat Tanah Bagi Warga Kabupaten Bogor

0
88

(Vibizmedia-Sentul) Presiden Joko Widodo membagikan sertipikat lahan kepada 15.000 orang di Lapangan Sirkuit Internasional Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/3).

Jumlah tersebut merupakan terbanyak dibandingkan dengan jumlah sertifikat yang pernah dibagikan Presiden Jokowi selama menjadi Presiden RI. Penerima sertipikat tersebut berasal dari 4 Kecamatan di Kabupaten Bogor yaitu Tajurhalang, Bojonggede, Cibinong dan Sokaraja.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo mengatakan akan mencopot Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Jalil jika tahun ini gagal menyelesaikan target sertipikasi 7 juta bidang tanah .

Sudah perintahkan kepada Pak Menteri,  Pak Menteri tahun ini 7 juta. Jangan ditawar, kalau nggak bisa 7 juta saya ganti, saya copot, saya copot menterinya, tegas Presiden Jokowi.

Melalui penegasan tersebut, dirinya memberikan gambaran bahwa menterinya akan memerintahkan ke Kanwil BPN, ke kantor BPN, sebagai contoh Kabupaten Bogor targetnya 80.000. Kalau target tidak sampai maka kantor BPN juga dicopot sama Pak Menteri, ungkap Presiden menggambarkan jika kerja kalau tidak seperti itu, yang namanya sertipikat ini tidak rampung- rampung.

Dari 126 juta sertipikat yang harus diterima masyarakat, baru 51 juta yang sudah diselesaikan. Untuk itu, jika biasanya hanya bisa diselesaikan 500.000 sertipikat, maka tahun lalu (2017) diselesaikan 5 juta sertipikat. Tahun ini 7 juta sertipikat, dan tahun depan (2019) akan diselesaikan 9 juta sertipikat.

Dengan adanya sengketa dimana-mana menjadi alasan terus mengejar program sertipikasi tanah tersebut. Keluhan inilah yang terus didengarnya pada saat kunjungan kerja ke Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, NTT, NTB, sampai Papua, ke kampung, ke desa, keluhannya dimana-mana adalah sengketa tanah, sengketa lahan.

 

Journalist: Rully
Editor: Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here