Arab Saudi dan Mesir Sepakat Membangun Mega-City Senilai Rp138 Triliun

0
97

(Vibizmedia – International) – Arab Saudi dan Mesir sepakat untuk menggalang dana gabungan sebesar $10 miliar (sekitar hampir Rp138 triliun) untuk membangun sebuah mega-city di Semenanjung Sinai Selatan, Mesir, dengan kedua negara akan menggarap lahan seluas lebih dari 1.000 kilometer persegi untuk proyek baru tersebut.

Mengutip CNBC (5/03), kesepakatan investasi tersebut diumumkan pada hari Minggu saat Pangeran Mahkota Saudi Mohammed bin Salman bertemu dengan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi di Kairo. Ini adalah kunjungan publik ke luar negeri pertama bagi Bin Salman sejak menjadi pewaris tahta pada tahun 2017.

Arab Saudi dan Mesir, merupakan negara Arab terkaya dan terpadat secara masing-masingnya, telah memperkuat ikatan strategis mereka sejak Sisi berkuasa pada 2013.

Kesepakatan untuk membangun mega-city muncul hanya tiga minggu menjelang pemilihan presiden di Mesir, dengan Sisi ingin mengamankan posisi masa jabatan keduanya. Pemungutan suara tersebut telah memicu sejumlah kecaman internasional karena para kritikus menilai kurangnya nilai demokrasi, demikian rilis dari CNBC hari Senin ini (5/03).

 

Alfred Pakasi/VM/MP Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here