Lensa Jawa – “Behind The Scene” Pembuatan Bakpia Pathok di Yogyakarta

0
528

(Vibizmedia – Lensa) – Jalan-jalan ke Yogjakarta, jangan lupa mampir untuk membeli Bakpia Pathok 25. Rasanya nikmat, dan menemukannya pun tak sulit, karena bisa ditemukan hampir di setiap toko oleh-oleh yang ada di Yogyakarta. Kali ini, team Vibizmedia mendapatkan kesempatan untuk melihat “behind the scene” dari pembuatan Bakpia Pathok 25 yang ada di Jogjakarta. Prosesnya cukup menarik, dan tentunya menarik untuk kita lihat.

Dalam Lensa Vibizmedia kali ini, akan diperlihatkan hal-hal menarik dibalik pembuatan bakpia yang tersohor di Yogyakarta itu.

Salah satu proses menarik yang dapat dilihat, adalah ketika para karyawan pabrik memasukkan rasa ke adonan bakpia. Untuk pekerjaan seperti ini, rata-rata yang melakukannya adalah wanita. Tentu saja, karena tangan wanita lebih terampil, dan mereka bisa dikatakan teliti dalam melakukannya. Dalam pengerjaannya, para karyawan wanita tersebut harus menggunakan masker dan tutup kepala, agar menjaga kebersihan selama proses tersebut berlangsung.

Setelah rasa bakpia dimasukkan ke dalam adonannya, biasanya para karyawan akan mulai untuk membuat bentuk bakpia dari adonan yang sudah dipersiapkan. Setelah adonan dibentuk, maka adonan tersebut akan disusun rapi dalam sebuah wadah berwarna hitam. Proses itu, dilakukan sebelum bakpia dimasukkan ke dalam oven.

Foto diatas, memperlihatkan seorang karyawan pria memasukkan wadah berisi adonan bakpia yang sudah dibentuk, ke dalam oven. Dalam foto diatas, juga terlihat beberapa wadah berisi adonan bakpia, yang semuanya siap dimasukkan ke dalam oven.

Nah, dua foto diatas, tentunya memperlihatkan bakpia yang sudah siap untuk dikemas, dan dijual ke pasaran. Bakpia yang sudah dikeluarkan dari oven, dipindahkan dari wadahnya ke sebuah nampan dan disusun rapi, sebelum akhirnya dipindahkan ke kotak kemasan untuk siap dipasarkan.

Kedua foto diatas, adalah bakpia yang sudah dimasukkan ke dalam kemasan dan siap untuk dipasarkan di toko oleh-oleh. Bakpia yang dijual, memang tersedia dalam berbagai rasa. Dan untuk bakpia pathok dengan rasa original kacang hijau, biasanya dijual dengan harga Rp 40.000,- per kemasannya.

Melihat langsung proses pembuatan Bakpia Pathok 25 di Yogyakarta, memang pastinya merupakan pengalaman yang menarik. Dan, Anda sudah lihat sendiri, prosesnya juga bersih, dan tentunya dikerjakan oleh karyawan yang sudah berpengalaman. Nah, Anda sudah melihat prosesnya, kini, tak ada salahnya mencoba untuk mencicipi jerih payah para pembuat Bakpia Pathok 25 yang tersohor di Yogyakarta itu. Jadi, jangan lupa untuk mampir ke toko oleh-oleh dan membeli Bakpia Pathok 25 untuk Anda dan orang-orang lainnya yang Anda sayangi. Pastinya, kelezatan rasanya tak akan Anda lupakan.

Fanny Sue/ Journalist/VMN
Images : Vibizmedia/ Herwantoro
Editor : Fanya Jodie

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here